Politik
Pemilu 2019
PKPI Dipastikan Ikuti Pemilu 2019
17-04-2018 - 14:44 | Views: 7.11k
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Partai Politik perserta pemilu 2019 mendatang dipastikan akan mendapatkan tambahan satu partai lagi yakni, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). 

PKPI dipastikan akan ikut bertarung dalam perhelatan Pemilu 2019 setelah mendapatkan kepastian berdasarkan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan gugatan PKPI atas keputusan KPU RI yang tidak meloloskan sebelumnya.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Ahmad Hanafi mengatakan, dalam putusan dari PTUN menyatakan menerima gugatan dari PKPI. 

"PTUN memerintahkan KPU RI untuk membatalkan surat keputusan KPU RI no 58 tahun 2018 tentang penerapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019," ujarnya saat dihubungi TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Selasa (17/4/2018).

Dalam putusan PTUN tersebut Hanafi mengatakan, bahwa Majelis Hakim PTUN menilai KPU salah karena berpegang pada sistem informasi partai politik sebagai dasar untuk melakukan verifikasi. 

"Mahkamah Konstitusi telah memutuskan dalam putusan MK No 53 UU 7 tahun 2017, bahwa Sipol tidak menjadi patokan baru dalam proses verifikasi parpol," imbuhnya.

Menurut Hanafi, selain itu, Majelis Hakim PTUN menilai bahwa KPU kurang cermat melakukan proses penelitian administrasi dan verifikasi kepengurusan PKPI di Kabupaten Jombang. 

"Dimana hasilnya berbanding terbalik dengan berita acara hasil penelitian dan verifikasi faktual," tuturnya.

Hanafi menambahkan, KPU RI belum melakukan langkah yang akan diambil dari hasil putusan tersebut. Nantinya KPU RI akan melakukan rapat pleno untuk melakukan rencana apakah banding atau menerima putusan dan menetapkan no urut PKPI langsung. (*)

Pewarta
: Angga Juli Setiawan
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin