Peristiwa - Daerah
Ribuan Batik dan Ratusan Perhiasan Dipamerkan di Hotel Tugu Malang
17-04-2018 - 13:43 | Views: 4.47k
Pameran bertajuk Contemporary Batik and Silver Jewelery menampilkan berbagai jenis kain batik di seluruh Indonesia serta perhiasan silver dengan berbagai macam bentuk di Tirta Gangga, Hotel Tugu Malang. Selasa, 7/4/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)
Pameran bertajuk Contemporary Batik and Silver Jewelery menampilkan berbagai jenis kain batik di seluruh Indonesia serta perhiasan silver dengan berbagai macam bentuk di Tirta Gangga, Hotel Tugu Malang. Selasa, 7/4/2018. (FOTO: Tria Adha/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANGHotel Tugu Malang turut merayakat HUT Kota Malang, dengan menggelar pameran Contemporary Batik dan Silver Jawelry Exhibit, di Tirta Gangga, Hotel Tugu, Kota Malang, Jawa Timur.

Pameran yang dibuka Selasa (17/4/2018), digelar selama seminggu hingga tanggal 24 April 2018. Pameran ini melibatkan 28 pengerajin dengan 1100 lembar batik dan 7 pengerajin perak dengan 500 perhiasan.

Asisten Eksekutif Manager Hotel Tugu, Crescentia menyampaikan pameran tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Sebab tahun ini hotel tugu mengusung tema batik modern.

Pameran-Batik-Hotel-Tugu-B.jpg

"Kami ingin ini menjadi ajang untuk mengekspos dan sekaligus apresiasi pada pengerajin batik, terutama pengerajin batik Malang," kata Crescentia saat ditemui TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id).

Wanita yang akrab disapa Kris ini menyebutkan pameran ini telah berlangsunh lama sejak 2006 silam. Pameran ini selalu menghadirkan produk terkini dan baru.

Para pengerajin pun banyak yang diundang, mulai dari Malang Raya hingga dari luar Malang. Salah satunya, dari Trowulan, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pameran-Batik-Hotel-Tugu-C.jpg

"Semua motif batik nusantara ada disini, terutama batik Malang. Semuanya menggunakan motif modern," tambahnya.

Selain itu, Kris juga menyampaikan pameran ini ditujukan untuk melestarikan budaya. Karena itu, pameran ini juga menjadi ajang apresiasi bagi pengerajin untuk menampilkan karya sekaligus mengenalkannya pada masyarakat.

"Selain masyarakat Kota Malang, pameran ini juga dihadiri tamu kami yang berasal dari manca negara," ungkapnya.

Pameran-Batik-Hotel-Tugu-A.jpg

Ia berharap dengan pameran ini, batik malang bisa semakin dikenal oleh semua kalangan, sehingga kelestariannya pun terjaga dan tidak bisa diklaim oleh negara lain.

"Ini bukti batik khas bangsa kita dan milik Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, produk kain batik dan perhiasan yang dipamerkan memiliki harga yang cukup terjangkau. Harganya dimulai dari harga Rp 300 ribuan hingga puluhan juta.

Pameran-Batik-Hotel-Tugu-D.jpg

Salah satu karya batik termahal, diprodukis oleh seniman batik tulis Lena dari Yogyakarta. Satu lembar kain batik yang dipamerkan di Hotel Tugu Malang, berharga Rp 24 juta.(*)

Pewarta
: Imadudin Muhammad
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Sholihin Nur