Kesehatan
4 Penyakit Ini Bisa Menyebabkan Bad Mood Lho
17-04-2018 - 05:29 | Views: 2.11k
Bad mood. (FOTO: altoday.com)
Bad mood. (FOTO: altoday.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTABad mood rasanya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Ada saja hal-hal yang memicu terjadinya kondisi itu, misalnya tuntutan pekerjaan, kemacetan atau perkara rumah tangga. Namun di balik itu, tahukah Anda bahwa bad mood juga bisa terjadi akibat adanya penyakit tertentu? Dilansir dari Klik Dokter, berikut beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bad mood

1. Gangguan Tiroid
Tiroid merupakan kelenjar yang memproduksi hormon untuk mengatur suhu tubuh, berat badan, kesehatan kulit dan rambut, energi hingga mood. Oleh karena itu, jika mengidap gangguan ini – misalnya kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) – Anda akan cenderung mengalami bad mood, lesu dan tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Stroke
Gejala stroke yang timbul berpengaruh dari letak lesi di otak. Contohnya, ketika lesi terjadi di otak sebelah kiri, maka tubuh sebelah kanan akan mengalami kelumpuhan, lidah menjadi pelo, dan bicara kurang jelas.

Sedangkan, jika lesi stroke terbentuk di bagian lobus frontal kiri, penderita akan kerap mengalami kondisi bad mood, mudah sedih atau cemas.

3. Penyakit Parkinson
Seseorang yang mengidap penyakit Parkinson dapat mengalami tanda dan gejala fisik berupa tangan tremor, bergerak lebih lambat, anggota tubuh kaku dan gangguan keseimbangan.

Tak hanya itu, pengidap penyakit Parkinson juga dapat mengalami gangguan mood, bahkan 40-50% di antaranya juga dapat mengalami depresi.

4. Kekurangan vitamin
Ketika tubuh kekurangan vitamin D dan vitamin B12, Anda akan lebih berisiko untuk mengalami bad mood. Karena pada dasarnya, kekurangan asupan vitamin tak hanya berpengaruh pada kerja tubuh semata, tapi kerja otak juga.

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan bad mood. Jika sedang bad mood, jangan buru-buru menyalahkan perkerjaan atau kemacetan. Bisa jadi penyebab dari kondisi yang sedang Anda alami adalah salah satu penyakit di atas. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani