Peristiwa - Daerah
Cegah Jatuh Korban, Polres Jember Sita Ribuan Botol Miras Oplosan
16-04-2018 - 13:07 | Views: 7.79k
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama barang bukti ribuan botol miras oplosan hasil razia miras. (Dody Bayu Prasetyo/Times Indonesia)
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama barang bukti ribuan botol miras oplosan hasil razia miras. (Dody Bayu Prasetyo/Times Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBERPolres Jember, Jawa Timur berhasil menyita ribuan botol minuman keras (miras) yang sebagian besarnya merupakan miras oplosan.

Total sebanyak 3.672 botol miras dan 21 derigen miras oplosan yang disita dari berbagai lokasi yang ada di wilayah hukum Polres Jember.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan bahwa ribuan botol miras yang berhasil disita anggotanya merupakan hasil razia minuman keras yang berlangsung selama sepekan ini di seluruh wilayah Jember.

"Asal botol-botol ini berasal dari hampir semua kecamatan. Di antaranya Patrang, Arjasa, dan Jelbuk. Lokasinya banyak sekali," kata Kusworo saat menggelar jumpa pers hasil razia minuman keras di halaman Polres Jember, Senin, (16/4/2018).

Kusworo menjelaskan, botol-botol tersebut juga disita langsung dari tangan warga yang kedapatan tengah pesta miras atau mabuk-mabukan. "Dari remaja atau pemabuk," ketusnya.

Dia juga menerangkan, razia tersebut digelar untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat menenggak miras oplosan. Seperti kasus tewasnya sejumlah remaja di Jember akibat minum miras oplosan pada 2016 silam.

"Kami tidak ingin kasus tersebut terulang. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan suci Ramadhan," ucap Kusworo yang saat itu didamping Wakapolres Jember Kompol Bagus Ikhwan Christiani yang baru dilantik beberapa hari lalu.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pihaknya juga selalu melakukan langkah preventif. Yakni mengimbau kepada masyarakat agar tidak menenggak miras oplosan serta menghimbau kepada pemilik apotek agar tidak menjual dengan mudah bahan-bahan baku pembuatan miras oplosan kepada masyarakat.

"Karena miras oplosan hasil dari campuran alkohol 70 persen dengan minuman lain seperti suplemen akan menjadi racun yang mematikan bagi manusia," katanya mewanti-wanti. (*)

Pewarta
: Dody Bayu Prasetyo
Editor
: Widodo Irianto
Publisher
: Rochmat Shobirin