Kesehatan
3 Tips Agar Tidak Makan Berlebihan
16-04-2018 - 03:06 | Views: 2.68k
Makan berlebihan. (FOTO: Bidanku.com)
Makan berlebihan. (FOTO: Bidanku.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTAMakan berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Makan berlebihan tidak hanya dipengaruhi oleh jenis makanan saja, namun yang paling memengaruhi adalah faktor psikologis. Lalu adakah tips agar tidak makan berlebihan?

Dilansir dari Dokter Sehat, Elaine Magee, pakar kesehatan dan dietitian dari WebMD, menyebutkan beberapa cara yang efektif untuk mengurangi asupan makan yang berlebihan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Makan dengan Perlahan
Mengunyah makanan dengan perlahan akan membuat tubuh mencerna makanan lebih baik. Hal ini bisa memengaruhi asupan makanan karena tubuh akan memberi sinyal kenyang ke otak dengan tepat jika penyerapan makanan baik. Sebaliknya, makan terlalu cepat membuat sinyal ke otak lambat dikirim sehingga otak baru menerima sinyal kenyang saat kita sudah makan berlebihan.

2. Tidak Membuat Fokus Terpecah saat Makan
Makan sambil menonton televisi, bermain handphone atau menyetir membuat kita tidak menikmati makanan. Hal ini memecah fokus kita saat makan, utamanya pengaturan porsi makanan. Sehingga asupan makanan menjadi berlebihan. Maka dari itu usahakan menyediakan waktu khusus untuk makan dan makanlah di meja makan agar kita lebih fokus.

3. Mengonsumsi Makanan yang Dianggap Enak Terlebih Dahulu
Kita tentu pernah ya menyisakan makanan yang kita anggap enak untuk di makan terakhir kali? Namun sebenarnya mengonsumsi makanan yang enak lebih dahulu justru bisa membantu menekan asupan makan yang berlebihan lo. Hal ini karena kita tidak lagi merasa penasaran atau terburu-buru dalam makan. Sehingga porsi makanan bisa lebih terkontrol.

Itulah tiga tips agar tidak makan berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Termasuk makan berlebihan. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani