Kesehatan
Benarkah Stres Bisa Memicu Kegemukan?
16-04-2018 - 02:02 | Views: 4.41k
Stress. (FOTO: Istimewa)
Stress. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Hampir semua orang pernah mengalami stres. Penyebabnya, mulai dari masalah pribadi, masalah pekerjaan, hingga masalah keluarga. Meski dikatakan wajar, stres yang tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan. Salah satunya adalah stres bisa memicu kegemukan.

Dampak stres yang perlu diwaspadai antara lain dapat memicu penyakit jantung, obesitas, sampai stroke. Tak hanya itu, stres yang berkepanjangan juga bisa membuat mental Anda menjadi terganggu sehingga sistem syaraf serta kognitif Anda pun menjadi kacau.

Selain beberapa penyakit di atas, banyak yang mengatakan stres berlebihan bisa membuat berat badan seseorang menjadi bertambah drastis, khususnya pada wanita.

Dilansir dari laman Psychology Today, wanita memang lebih rentan tidak bisa mengelola stres dengan baik. Maka dari itu, efek yang ditimbulkan akan lebih terlihat pada wanita, bila dibandingkan pria. Salah satu efek stres yang paling umum ditunjukkan adalah nafsu makan yang menggila. Apalagi wanita itu sedang berada pada masa pubertas, maka sistem kognitifnya akan mengirimkan sinyal lapar terus sebagai penghibur dari stres yang mengganggu pikiran.

Selain itu, stres juga bisa membuat pola tidur menjadi tak karuan. Wanita yang awalnya tidur sebelum jam 10 malam, akan menjadi insomnia saat sedang stres. Bahkan, rasa kantuk tak datang walau waktu sudah menunjukkan jam subuh. Dengan begitu, rasa lapar akan semakin menjadi-jadi di malam hari. Jika tidak bisa menahannya, maka dapat dipastikan berat badan Anda akan berkali lipat lebih gemuk daripada ukuran normal.

Berdasarkan fakta di atas, memang stres bisa memicu kegemukan. Oleh karena itu sebaiknya Anda bisa mengelola stres dengan baik. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti berolahraga, mencari kesibukan, serta melakukan hal-hal positif lainnya. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani