Peristiwa - Nasional
Mendagri akan Tindaklanjuti Arahan Presiden Soal Pengurusan E-KTP
04-04-2018 - 17:46 | Views: 4.41k
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo  (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kementeriannya akan segera menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pengurusan E-KTP bagi warga selesai hanya dalam satu jam.

"Arahan Bapak Presiden, Mendagri segera membuat Permendagri yang intinya menegaskan memberi batas waktu dalam hitungan jam bagi masyarakat yang akan mengurus E- KTP di seluruh wilayah NKRI," ujarnya dalam pesan singkat, Rabu (4/4/2018).

Dalam minggu ini, pihaknya akan segera mengeluarkan Permendagri tersebut. Aturan ini lanjut Mendagri Tjahjo Kumolo akan diberlakukan di seluruh Indonesia.

"Kecuali di daerah ada gangguan komputer error atau masalah listrik padam bisa menjadi pertimbangan untuk lebih waktunya," imbuhnya. 

Selain itu, bekas Sekjen PDI Perjuangan ini juga mengaku, telah melaporkan progres perekaman data E-KTP kepada Presiden Jokowi. Menurutnya, per hari ini, perekaman data sudah mencapai 97,4 persen.

"Sisanya terkait belum adanya kesadaran masyarakat yang proaktif merekam E-KTP, atau ada hambatan administrasi di Dukcapil," kata Tjahjo. 

Tjahjo juga melaporkan jumlah pemilih pemula yang berusia 17 tahun pada hari-H pemungutan suara tapi belum melakukam perekaman data E-KTP. 

Disebutkan, berdasarkan data Kemendagri, masih ada 2,2 juta orang calon pemilih yang belum melakukan perekaman. Saat ini, pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU terkait hak pilih mereka. 

Mendagri mengajak masyarakat yang menginjak usia dewasa untuk segera merekam data kependudukan di Dinas Dukcapil setempat. Sehinga, masyarakat yang belum memiliki E-KTP bisa terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat. Kedepannya, pengurusan E-KTP akan selesai dalam waktu satu jam.(*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Sholihin Nur