Gaya Hidup
Jadi Penyebab Bau Kaki, Hindari Tiga Hal Ini
02-04-2018 - 03:40 | Views: 3.31k
Bau kaki. (FOTO: Tribunnews)
Bau kaki. (FOTO: Tribunnews)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTABau kaki menjadi masalah yang sangat mengganggu. Aroma tidak sedap yang keluar dari kaki, bukan tanpa sebab. Lalu apa sebenarnya penyebab bau kaki? Dilansir dari fithog.com, berikut hal-hal yang dapat menimbulkan bau kaki.

1. Kaki Berkeringat
Kaki yang berkeringat, terutama secara berlebihan, menjadi salah satu penyebab mengapa kaki Anda mudah bau. Keringat sendiri sebenarnya tidak memiliki bau. Hal yang membuatnya bau adalah ketika keringat “terperangkap” di dalam sepatu dalam waktu yang lama, dan tidak mendapat sirkulasi udara. Kaki lembap karena keringat inilah yang dapat menjadi tempat dan kondisi sempurna bagi bakteri penyebab bau untuk berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilih kaos kaki yang menyerap keringat atau pastikan kaki Anda selalu dalam keadaan kering.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Kaki
Kebersihan kaki seperti malas mengganti kaos kaki, bisa berpengaruh pada pertumbuhan bakteri. Tidak butuh waktu lama, bakteri akan berkembang di kaos kaki dan sepatu yang kotor. Inilah yang menjadi penyebab Anda memiliki kaki bau.

3. Kulit Mati pada Kaki
Kulit tebal yang ada pada bagian kaki, sebagian besarnya adalah kulit mati. Lapisan kulit mati yang membusuk, bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak, sehingga menjadi penyebab bau kaki. Untuk menghilangkannya, Anda bisa melakukan perawatan menghilangkan kulit mati pada kaki.

Sebagian besar penyebab bau kaki adalah bakteri yang berkembang biak di kaki. Sebenarnya bau kaki tidak akan lagi menjadi persoalan bila Anda rutin menjaga kebersihannya. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani