Gaya Hidup
Punya Masalah Bau Kaki? Atasi dengan Cara Ini
02-04-2018 - 06:43 | Views: 3.92k
Bau kaki. (FOTO: Yukepo.com)
Bau kaki. (FOTO: Yukepo.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Masalah bau kaki ini salah satu masalah klasik yang banyak dikeluhkan. Jika mengalami bau kaki, pasti mereka langsung mencari cara mengatasinya. Lalu bagaimana cara mengatasi bau kaki yang efektif? Dilansir dari wikihow.com berikut cara-cara yang bisa dilakukan agar kaki tidak lagi bau.

1. Rutin Membersihkan Kaki
Cara paling ampuh untuk mengusir bakteri pada kaki adalah dengan rajin-rajin membersihkannya. Anda bisa memulainya dengan mencuci kaki dan menggosoknya menggunakan sabun antibakteri. Jangan lupa untuk menggosok sampai sela-sela jari Anda.

Setelah mencuci dan menggosoknya dengan sabun antibakteri, Anda bisa melakukan perawatan kebersihan kaki dengan menjaganya agar tetap kering.

2. Rutin Mengganti Sepatu atau Kaos Kaki
Gunakan sandal dengan model terbuka. Hal ini bertujuan jika kaki berkeringat, kaki bisa cepat kering kembali. Jangan lupa untuk rajin mengganti kaos kaki, terutama jika kaki Anda mudah sekali berkeringat. Bila perlu, ganti kaos kaki setiap hari. Pilih bahan kaos kaki yang menyerap keringat seperti katun atau wool, jangan pilih kaos kaki berbahan nylon, karena bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti sepatu, atau membuka sepatu setiap ada kesempatan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kaki dari keringat berlebih.

3. Gunakan Bahan Alami
Bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah bau kaki antara lain teh hitam. Caranya, rendam kaki Anda di dalam seduhan teh hitam yang kental dan diamkan sekitar 30 menit, lakukan selama satu minggu. Kandungan tannic acid dalam teh hitam dapat melindungi kulit.

Selain menggunakan teh hitam, Anda juga bisa menggunakan larutan garam, alumunium acetate atau baking soda untuk menghilangkan bau kaki.

Sebenarnya mengatasi bau kaki bukanlah hal yang sulit. Yang terpenting, lakukan perawatan secara rutin untuk hasil maksimal, agar masalah bau kaki jauh-jauh dari Anda. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani