Pendidikan
Benarkah Membaca dengan Suara Keras Tingkatkan Daya Ingat?
14-03-2018 - 02:24 | Views: 4.03k
ILUSTRASI - Membaca (FOTO: Shutterstock)
ILUSTRASI - Membaca (FOTO: Shutterstock)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Ada orang-orang yang belajar dengan kondisi yang tenang, namun, ada pula yang memilih untuk belajar dengan mengeluarkan suara yang keras. Sebenarnya, mana yang lebih efektif?

Sebuah penelitian terbaru, yang dilansir dari Health 24, membuktikan bahwa membaca dengan suara keras bisa meningkatkan kemungkinan untuk mengingat dengan lebih baik.

Penelitian ini dilakukan pada 95 orang yang diminta untuk mengingat informasi tertulis. Para partisipan dibagi menjadi empat kelompok. Kelompok pertama diminta untuk membaca informasi dengan diam, kelompok kedua diminta untuk mendengar orang lain membacakan informasi tersebut, kelompok ketiga diminta untuk mendengar rekaman dari suara mereka sendiri yang membaca informasi tersebut, dan sisanya membacanya sendiri dengan suara keras.

Hasilnya, kelompok yang membaca informasi ini sendiri dengan suara yang keras mampu mengingat informasi tersebut dengan lebih cepat dan efektif.

Colin MacLeod dari University of Waterloo, Ontario, Kanada, yang merupakan salah satu penulis dari penelitian ini menyebutkan bahwa saat kita berusaha untuk mengingat informasi dengan cara memproduksi elemen kata-kata, maka kata-kata ini akan mampu memasuki bagian memori jangka panjang sehingga akan lebih mudah diingat.

Tak hanya efektif bagi orang-orang yang ingin menghafal informasi atau akan menghadapi ujian, trik ini ternyata juga bisa diadopsi orang dewasa yang tidak ingin mudah lupa. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Sholihin Nur