Politik
Pilgub Jatim 2018
Camat Blimbingsari: Kades Pelanggar Pilkada Harus Disanksi
23-02-2018 - 18:36 | Views: 5.52k
Camat Blimbingsari, Abdul Latif (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Camat Blimbingsari, Abdul Latif (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Camat Blimbingsari, Abdul Latif, angkat bicara terkait pemanggilan empat orang Kepala Desa (Kades) di wilayahnya oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi, yang diduga terlibat kegiatan kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur.

“Awal tahun, dalam sebuah pertemuan rakor kades sudah kami ingatkan bahwa tahun 2018 adalah tahun politik. Dengan adanya Pilgub dan akan adanya penetapan oleh KPU, oleh karena itu, (sudah) kami imbau semua kades dan perangkat desa harus netral,” ungkap Latif, Jumat (23/2/2018).

Dia menilai, seharusnya empat orang Kades yang diduga telah melakukan pelanggaran pemilu tersebut paham tentang regulasi atau aturan yang melarang dirinya sebagai aparatur negara untuk ikut terlibat dalam kampanye atau kegiatan partai politik.

“Bahwa ditemukan ada kepala desa yang melanggar, ya monggo (silahkan) Bawaslu harus melaksanakan tugasnya secara tegas,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid menyampaikan bahwa pihaknya telah menemukan tujuh orang kepala desa yang diduga telah melakukan pelanggaran dalam pemilu.

Dia menyebut bahwa rata-rata bentuk pelanggarannya terindikasi terlibat dalam kampanye yang dilakukan oleh partai pengusung pasangan salah satu Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

“Empat orang itu ada di Kecamatan Blimbingsari, tiga ada di Kecamatan Glenmore,” ujar Hasyim di kantor KPU Banyuwangi Jalan KH Agus Salim, Kamis (22/2/2018).

Namun demikian, pihaknya telah mengundang ketujuh orang tersebut untuk klarifikasi. Dari Kecamatan Blimbingsari, tiga orang telah memenuhi undangan dan dari Kecamatan Glenmore, satu orang kades yang telah hadir, dan sisanya, dua orang akan diselesaikan hari ini. (*)

Pewarta
: Dian Efendi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Sholihin Nur