Gaya Hidup
Agar Tak Berakibat Fatal, Atasi Stres dengan Cara Ini
15-02-2018 - 03:26 | Views: 3.66k
ILUSTRASI - Tips Mengatasi Stress (FOTO: The Sun)
ILUSTRASI - Tips Mengatasi Stress (FOTO: The Sun)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Stres sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang rentan terkena stres adalah seorang ibu. Terlebib jika ia juga bekerja. Risiko seorang ibu yang berkarir lebih tinggi karena tuntunan yang terlalu banyak, seperti harus mengurus anak, suami, dan kewajiban bekerja.

Meski umum terjadi, stres harus segera diatasi. Dilansir dari Tempo, psikolog anak di Brawijaya Clinic, Jakarta, Samanta Ananta menuturkan untuk mengelola stres, ada tiga hal mudah yang bisa dilakukan.

Pertama, Bernafaslah dalam-dalam karena pada saat stres, tubuh cenderung bernafas lebih cepat dari biasanya. Cara ini dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi tingkat stres. Cobalah lakukanlah cara ini berulang kali.

Kedua, child pose atau posisi bayi tidur tengkurap untuk meregangkan seluruh saraf. Hal tersebut dapat dilakukan selama 20 detik secara berulang-ulang dan membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh bagian tubuh, juga otak.

Lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran lelah dan jenuh dengan pekerjaan. Hal ini tidak dapat membuat lebih rileks.

Ketiga, manjakan diri sendiri. Untuk mencegah stres berkelanjutan, lakukan me time, yaitu semacam masa-masa santai sendiri, minimal sekali dalam seminggu. Ingat, jangan pernah melampiaskan stres dengan minuman beralkohol, obat-obatan, dan rokok, karena justru akan memperburuk kondisi.

Selain itu, jangan pernah menyimpan masalah sendiri. Cobalah untuk berbagi dengan orang-orang yang Anda percayai. Jika sudah tidak mampu mengelola stres sendiri atau bingung, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan psikolog. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rochmat Shobirin