Politik
Bawaslu Banyuwangi Gelar Khataman dan Shalat Jamaah, Begini Maksudnya
14-02-2018 - 22:22 | Views: 6.65k
Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid (kiri) saat membaca al Quran didampingi Aksan Mustofa di Kantor Gakkumdu  (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid (kiri) saat membaca al Quran didampingi Aksan Mustofa di Kantor Gakkumdu (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Badan Pengawas Pemilu Banyuwangi menggelar acara Khotmil Quran, pembacaan Ratibul Haddad hingga shalat Maghrib dan Isya berjamaah, Rabu (14/2/2018).

Hal itu dilakukan untuk tasyakuran yang diistilahkan "ngebangi" agar terhindar dari gangguan roh halus karena status kantor tersebut lama tidak dihuni.

Secara formal, kantor Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang berada di Jalan Dr Soetomo Banyuwangi itu akan difungsikan sebagai pusat layanan laporan pelanggaran Pilkada pemilihan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

"Peresmian kantor Sentra Gakkumdu sesuai SK itu 7 bulan atau hingga Agustus mendatang hingga proses Pilgub Jatim selesai," kata Ketua Bawaslu, Hasyim Wahid di lokasi.

Nantinya, segala bentuk laporan mulai dari pengaduan dari masyarakat atau temuan dari panitia pengawas pemilu akan dikaji terlebih dahulu sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Banyuwangi.

Hasyim menjelaskan, ketika ada laporan dari masyarakat akan didalami di kantor Gakkumdu yang beranggotakan dari Kepolisian, Kejaksaan Negeri, dan Bawaslu selama 7 hari. Tahapan berikutnya akan dilimpahkan ke pihak penyidik Kajari Banyuwangi dan memakan waktu selama 7 hari pula. Setelah itu, mekanisme berikutnya akan dilimpahkan ke pengadilan.

"Kantor Sentra Gakkumdu ini adalah bentuk komitmen kita untuk menangani permasalahan dalam pemilu seperti politik uang, politisasi sari dan pelanggaran pemilu lainnya," terangnya.

Sedangkan setiap harinya, di kantor Sentra Gakkumdu akan ada staf Bawaslu yang melaksanakan piket mulai tanggal 15 Februari hingga terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. "Secara bergiliran nanti ada staf pengawas, komisioner Bawaslu yang berjaga dan dibantu dari pihak Kepolisian," ujarnya.

Dalam kegiatan khotmil Quran, pembacaan Ratibul Haddad hingga sholat berjamaah tersebut juga dihadiri oleh anggota Panwascam terdekat, staf dan Komisioner Bawaslu yang dimulai sejak subuh hingga pukul 20.00 atau setelah shalat jamaah Isya. (*)

Pewarta
: Hafil Ahmad
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin