Peristiwa - Nasional
Kementerian ESDM Anggarkan Rp 677,6 Miliar untuk Lampu Tenaga Surya
14-02-2018 - 10:57 | Views: 4.42k
Penyerahan LTSHE secara Simbolis di Kabupaten Tambrauw. (FOTO: Istimewa)
Penyerahan LTSHE secara Simbolis di Kabupaten Tambrauw. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengalokasikan anggaran hingga Rp 677,6 miliar untuk program lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di 2018. 

Anggaran sebesar itu guna menerangi sekitar 1.400-an desa yang belum teraliri listrik. Tercatat ada sekitar 2.500 desa yang sama sekali belum terjangkau jaringan listrik.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, program LTSHE ini merupakan perwujudan dari agenda prioritas pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang tertuang dalam Nawacita.

"Khususnya Nawacita ke-3, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah - daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ujar Jonan, Tambrauw, Papua Barat, Rabu (14/2/2018).

Kata dia, program pemasangan lampu tenaga surya merupakan program pra 
elektrifikasi dari pemerintah pusat untuk memberikan akses penerangan kepada masyarakat yang berada di wilayah 3T, yakni, terpencil, tertinggal dan terluar.

"Terlebih bagi masyarakat yang berada di desa gelap gulita, yang sampai dengan 72 tahun kemerdekaan Indonesia belum pernah merasakan akses energi listrik," ungkapnya. 

Jonan menyebutkan, program LTSHE dilaksanakan dalam waktu 2 tahun, yakni tahun 2017 dan tahun 2018, dimana pada tahun 2017 lebih difokuskan untuk pemasangan di wilayah Indonesia Timur dan salah satunya di Provinsi Papua Barat. 

"Anggaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM untuk program LTSHE pada tahun 2017 adalah Rp 290 Milyar, dengan target calon penerima 79 ribu penerima/rumah," jelas dia. (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani