Kesehatan
Melihat Akuarium Bisa Hilangkan Stres, Benarkah?
13-02-2018 - 03:37 | Views: 3.30k
ILUSTRSI: Akuarium (FOTO: Liputan6)
ILUSTRSI: Akuarium (FOTO: Liputan6)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Akuarium dengan ikan-ikan yang cantik sering dijadikan hiasan rumah. Namun siapa sangka ternyata akuarium bukan sekedar hiasan. Mengamati ikan berenang di akuarium ternyata berguna untuk menghilangkan stres.

Dilansir dari Klik Dokter, studi yang diterbitkan di jurnal Environment and Behavior menunjukkan bahwa melihat ikan berenang di akuarium selama sepuluh menit dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. Studi tersebut menilai respons fisik dan mental dari 112 partisipan, terhadap akuarium yang berisi beragam jenis ikan.

Temuan menunjukkan bahwa mereka lebih rileks, bahkan meskipun tidak ada ikan di dalam akuarium. Denyut jantung mereka menurun hingga tiga persen. Lalu saat ditambahkan ikan, denyut jantung dan tekanan darah menyusut hingga tujuh persen. Makin banyak ikan, makin membaik suasana hati mereka.

“Ketika menggunakan akuarium yang lebih besar dengan jenis ikan yang beragam, kami menemukan bahwa peningkatan mood orang jauh lebih besar,” kata Deborah Cracknell, peneliti independen yang terlibat dalam studi tersebut.

Beberapa studi tambahan mengonfirmasi bahwa terapi akuarium efektif dalam mengurangi kecemasan pada pasien yang hendak operasi gigi, serta dapat membantu pasien autisme dan ADHD. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia