Peristiwa - Daerah
Ini Progres Tol Paspro 3 Bulan Sebelum Diresmikan
12-02-2018 - 17:00 | Views: 11.29k
Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Jawa Timur. (FOTO: Istimewa)
Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Jawa Timur. (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Jawa Timur, akan diresmikan Mei 2018. Tiga bulan menjelang peresmian, progres proyek strategis nasional yang dimulai sejak Juni 2016 tersebut saat ini sebesar 65 persen.

Untuk mengejar 35 persen tersisa, PT Waskita Karya yang menjadi pelaksana proyek, mengerahkan semua sumberdaya yang dimiliki. Mereka bekerja dua kali shift: pertama, pukul 08.00-17.00 WIB, dan kedua, pukul 20.00-05.00 WIB.

"Yang akan diresmikan seksi II dan III dari Tongas sampai Leces," kata Kasi Administrasi Kontrak PT Waskita Karya, Agus Muslimin, Senin (12/2/2018) pagi.

Adapun seksi I, baru ditargetkan selesai Juli 2018 karena seksi ini, berkaitan dengan proyek Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) seksi III, yang juga belum selesai. Sementara pelaksana proyek Tol Gempas, bukan Waskita Karya.

Agus menyatakan, cuaca menjadi kendala utama dalam upaya percepatan ini. Karena itu, pihaknya juga memantau prakiraan cuaca dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Terkait dengan kendala cuaca, Koordinator Enginer PT. Waskita Karya, Angga Abimanyu, memberi ibarat. "Kalau musim kemarau dapat 10, di musim hujan, dapat 5 sudah bagus," terangnya.

Sebagai informasi, Tol Paspro terdiri dari IV seksi. Seksi I sampai III sepanjang 31,3 kilometer, mulai digarap Juni 2016 silam. Sedangkan seksi IV baru akan digarap. (*)

Pewarta
: Muhammad Iqbal
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin