Peristiwa - Daerah
Sejumlah Wilayah di Jember Rawan Bencana
24-01-2018 - 12:45 | Views: 3.66k
Heru Widagdo (baju orange) saat meninjau lokasi yang sedang dibersihkan dari material lumpur. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)
Heru Widagdo (baju orange) saat meninjau lokasi yang sedang dibersihkan dari material lumpur. (FOTO: Angga/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JEMBER – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember Heru Widagdo mengatakan sejumlah kecamatan di Jember mengalami bencana akibat hujan deras yang masih terus mengguyur wilayah Jember.

Wilayah yang terkena dampak yakni di Kecamatan Kalisat, Tempurejo, Ledokombo, Silo, dan Sumberbaru. 

Heru menerangkan, hujan dengan intensitas tinggi yang turun akhir-akhir ini membuat sejumlah sungai meluap. Selain itu, daerah dekat gumuk atau tebing juga terkena longsor.

Longsor-Jember-5.jpg

"Ketinggian banjir yang menggenangi wilayah di Jember antara 30-70 cm dan longsornya pun cukup besar setinggi lutut orang dewasa," ujarnya saat meninjau lokasi bencana di Kecamatan Kalisat, Rabu (24/1/2018).

Heru juga mengatakan, longsoran gumuk atau tebing tidak hanya mengancam keselamatan warga tapi juga dapat menyebabkan terputusnya akses jalan. Seperti longsor yang terjadi di Kecamatan Kalisat pada Selasa (23/1/2018) kemarin.

Longsor-Jember-6-Banjir.jpg

"Ada longsoran menutupi jalan karena lumpur berserta kayu dan tiang listrik ambruk menutupi badan jalan. Maka kami segera lakukan pembersihan dengan menggunakan alat berat," imbuhnya.

Karena itu, Heru juga mengimbau agar masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana seperti banjir dan longsor untuk tetap waspada dan melapor sesegera mungkin bila terjadi bencana. (*)

Pewarta
: Angga Juli Setiawan
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin