Kesehatan
Meski Rasanya Pahit, Pare Kaya Manfaat Lho
23-01-2018 - 03:21 | Views: 1.90k
Sayuran pare yang kaya manfaat (FOTO: pxhere)
Sayuran pare yang kaya manfaat (FOTO: pxhere)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Pare dikenal sebagai sayuran yang memiliki rasa pahit. Meskipun pahit, namun tanaman yang banyak dijumpai di wilayah tropis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya daging buahnya, biji pare juga berkhasiat bagi kesehatan. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut manfaat mengonsumsi pare.

1. Obat Diabetes
Pare merupakan salah satu makanan yang disarankan bagi pasien diabetes tipe 2. Pasien diabetes tipe 2 umumnya memiliki kesulitan menyerap gula dalam darah Rasa pahit pada pare mampu mengaktifkan enzim kinase sehingga membantu penyerapan gula.

2. Baik untuk Jantung
Selain diabetes, pare juga dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pare mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan mencegah arteri tersumbat.

3. Mengatasi Sembelit
Kandungan serat dalam pare juga baik bagi Anda yang memiliki keluhan sembelit. Dengan rajin mengkonsumsi pare secara rutin, sistem pembuangan limbah dalam tubuh Anda akan lebih lancar dan terbebas dari gangguan sembelit.

4. Menjaga Berat Badan
Tak hanya dikenal sebagai sayuran yang kaya serat, pare juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga mampu membantu sistem pencernaan Anda. Diimbangi dengan olahraga yang seimbang, maka pare bisa menjadi andalan Anda yang memang ingin menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan dan antimikroba dalam pare cukup ampuh untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bisul atau ruam. Selain itu pare juga dapat dikonsumsi untuk pasien yang memiliki kelainan darah karena dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Sholihin Nur