Gaya Hidup
Mengapa Cepat Lapar saat Hujan? Ini Penjelasannya
23-01-2018 - 02:31 | Views: 3.11k
ILUSTRASI - Suasana Hujan (FOTO: kr.best-wallpaper)
ILUSTRASI - Suasana Hujan (FOTO: kr.best-wallpaper)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Hujan tak hanya membuat suasana menjadi lebih dingin dan lembab, hujan juga membuat kita terus merasa lapar dan ingin terus mengunyah makanan. Sebenarnya, apa penyebab dari mudahnya rasa lapar datang saat hujan turun?

Dilansir dari Dokter Sehat, seorang pakar yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology yang ada di Amerika Serikat bernama Judith Wartman ternyata berhasil menemukan kaitan antara meningkatnya nafsu makan dengan kondisi hujan yang sedang turun. Ternyata hal ini disebabkan oleh menurunnya paparan sinar matahari pada tubuh manusia saat musim hujan.

Dengan sedikitnya kesempatan kita untuk mendapatkan paparan sinar matahari, maka hormon serotonin di dalam tubuh yang mengendalikan kebiasaan tidur, nafsu makan, hingga suasana hati ikut menurun jumlahnya. Hal ini ternyata membuat tubuh mengeluarkan sinyal untuk menambah asupan karbohidrat yang bisa membantu meningkatkan hormon serotonin kembali.

Yang menjadi masalah adalah, meskipun kita sudah mengkonsumsi makanan berkarbohidrat layaknya pasta, mie, atau bahkan nasi, efek lonjakan hormon serotonin ini hanya berlangsung dengan sementara. Alhasil, tubuh pun akan kembali mengulangi keinginan untuk makan lagi dan lagi. Karena alasan inilah kita cenderung mudah lapar saat hujan tiba.

Untuk menghindari rasa cepat lapar, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Sebagai contoh, sup hangat yang berisi kentang atau labu sangatlah direkomendasikan untuk dikonsumsi saat hujan tiba. Tak hanya mengenyangkan perut, sup hangat juga akan membuat kondisi tubuh lebih baik dalam mencegah datangnya flu mengingat adanya kandungan anti inflamasi yang ada pada makanan tersebut. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Sholihin Nur