Peristiwa - Nasional
Presiden Resmikan Penggunaan Stadion Utama GBK
14-01-2018 - 19:24 | Views: 3.73k
Presiden Joko Widodo (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Presiden Joko Widodo (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) setelah dilakukan renovasi, Minggu (14/1/2018) sekitar pukul 18.45 WIB.

Didampingi Wapres Jusuf Kalla, Menko Puan Maharani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menpora Imam Nahrawi, Presiden mengucapkan Basmalah dan menandatangani prasasti peresmian sebagai tanda SUGBK resmi digunakan setelah proses renovasi sekitar 16 bulan.

Menggunakan kaos olahraga Timnas berwarna merah, prosesi peresmian tidak berlangsung lama. Sekitar 10 menit setelah peresmian, pertandingan persahabatan Timnas Indonesia melawan Islandia langsung dimulai.

Jokowi dan Wapres dijadwalkan akan mengikuti pertandingan persahabatan tersebut.

Ada beberapa catatan soal renovasi SUGBK ini. Menurut Menteri Basuki, pencahayaan SUGBK berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya.

Karena menggunakan LED lighting system, konsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen dari lampu konvensional dan memiliki kualitas pencahayaan tiga kali lebih baik.

Sistem pencahayaan juga terintegrasi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80 ribu watt PMPO. “Tata suara SUGBK lebih baik dari sebelumnya, sehingga pada upacara pembukaan nanti terutama saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya akan lebih dramatis,” katanya, Jumat (12/1/2018).

Kualitas kursi juga lebih bagus dengan jenis satu kursi (single seat) dan lipat (flip up) telah memenuhi standar aksesibilitas evakuasi.

Setiap kursi mampu menahan beban hingga 250 kg dan tidak mudah ditarik sehingga menahan aksi vandalisme. “Sudah mengikuti standar FIFA dalam aspek keamanan dimana dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong,” tambahnya.

Dengan penggantian jenis kursi yang lebih baik dimana sebelumnya kursi panjang, kapasitas tampung SUGBK saat ini 80.000 kursi.

Kualitas lapangan semakin baik mulai dari rumput yang digunakan merupakan rumput terbaik jenis zoysia matrella dilengkapi alat penyiram rumput otomatis hingga sistem drainase anti banjir (zero run-off).

“Kualitas rumput Stadion GBK juga telah mendapatkan sertifikasi internasional. Kalau rumput imitasi digunakan di Lapangan ABC untuk latihan atau pemanasan, itupun kualitas rumput imitasi terbaik,” jelasnya.

Menteri Basuki mengatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018. (*)

Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Sholihin Nur