Peristiwa
Berkah Partai Demokrat, Bapak dan Anak di Banyuwangi Bisa Umroh Gratis
14-01-2018 - 09:18 | Views: 11.71k
Haddy Nuryanto dan Febrie Aqila Jacky, pemenang hadiah utama jalan sehat muda mudi Demokrat akan berangkat umrah. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Haddy Nuryanto dan Febrie Aqila Jacky, pemenang hadiah utama jalan sehat muda mudi Demokrat akan berangkat umrah. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI –  “Alhamdulillah mas, pagi ini kami berangkat ke Surabaya diantar keluarga. Saya dan Zacky akan berangkat Umrah,” 

Begitulah ungkapan perasaan bahagia itu disampaikan Haddy Nuryanto (41), warga Dusun Stoplas RT 2 RW 5, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Minggu, (14/1/2018)

Haddy merupakan ayah dari Febrie Aqila Zacky, anak berusia 9 tahun peraih hadiah utama acara jalan sehat Muda Mudi Partai Demokrat, di tempat wisata Alam Indah Lestari (AIL) Rogojampi, 29 Oktober 2017 lalu.

Jalan sehat yang diikuti ribuan peserta dan dihadiri oleh beberapa artis papan atas nasional itu memang menyiapkan hadiah utama umrah ke tanah suci untuk satu orang pemenang.

“Tidak ada firasat sama sekali. Waktu pengundian berlangsung pun saya tidak menyangka. Saya sempat bingung waktu Pak Michael panggil-panggil nama saya, pak Hadi, pak Hadi, ini anaknya dapat hadiah,” kenangnya, menirukan perkataan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Banyuwangi.

Haddy baru paham saat anak perempuannya, Adinda Aprilia, yang juga turut dalam jalan sehat, berteriak haru ketika melihat adiknya naik ke pentas sambil menunjukkan nomor undian dan dinyatakan sebagai pemenang hadiah utama.

“Saat itu perasaan saya bahagia bercampur haru. Allahu Akbar, bagaimana mungkin orang kecil seperti kami bisa umrah. Membayangkannya pun tidak pernah,” ujarnya.

Setelah ia naik ke pentas mendampingi Jacky, ada sesuatu yang lebih mengejutkan. Hadiah umrah yang semestinya hanya untuk satu orang itu ditambah menjadi dua orang.

Saat itu, lanjut Haddy, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Banyuwangi, Tjipta Soedjarwo Tjoek alias Papi Juan dan Ketua DPC, Michael Edy Hariyanto langsung meminta dirinya agar bersedia mendampingi anaknya berangkat umrah.

“Rasanya seperti mimpi mas. Saya dan Jacky kok bisa tiba-tiba mendapat panggilan Allah untuk ke tanah suci secara gratis,” ucapnya.

Michael-Edy-Hariyanto..jpgKetua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, bersama jajaran saat menggelar pasar sembako murah. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

Kini waktu keberangkatan ayah dan anak itu telah tiba. Mereka akan bertolak dari Bandara Juanda Surabaya menuju tanah suci. Selama 9 hari, mereka akan melaksanakan ibadah umrah di Makkah dan Madinah.

Segala persiapan keberangkatan telah rampung. Bahkan, keduanya akan berangkat ke Surabaya lebih awal, yakni pada Minggu pagi ini, dengan diantar anggota keluarga yang lain.

“Kita naik mobil. Saudara dan mertua juga ikut mengantar. Sebenarnya saya sungkan ngerepoti, tapi keluarga yang lain ingin ikut mengantar sampai Bandara,” ungkapnya.

Haddy menambahkan, anaknya Jacky juga siap menjalani rangkaian ibadah umrah. Murid kelas 3 SD Negeri 1 Tembokrejo itu bahkan terlihat bersemangat saat mengikuti manasik di Jember Minggu lalu.

“Sekali lagi saya ucapkan berterima kasih kepada Papi Juan, Pak Michael, Bu Yulis serta pengurus Demokrat Banyuwangi. Berkat Demokrat kami orang kecil ini bisa umrah,” katanya haru.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, mengucapkan selamat atas keberangkatan Umrah bapak dan anak ini. Dia berharap, dengan ibadah sakral di tanah suci Makkah, tersebut iman dan taqwa keduanya akan semakin bertambah. 

Michael-Edy-Hariyanto1..jpgKetua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, dalam video klip lagu tradisional kendang kempul ‘Demokrat Kanggo Rakyat’. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id))

"Dari sisi ke partai an, kami tidak mengharapkan apapun. Karena bagi kami, rasa kepedulian, berbagi serta memberi manfaat kepada masyarakat sudah menjadi tanggung jawab pribadi, sekaligus komitmen sebagai kader Demokrat sesuai amanah Ketua Umum kami, pak SBY," katanya.

Seperti diketahui, sejak dikomando Michael Edy Hariyanto, jajaran DPC Partai Demokrat Banyuwangi, memang getol turun ke lapangan. Bukan hanya untuk menyapa, menebar manfaat atau menyerap aspirasi. Tapi juga menggelar kegiatan sosial.

Mulai dari santunan anak yatim dan dhuafa hingga pasar sembako murah. Yang patut diacungi jempol, dalam kegiatan rutin sepanjang tahun tersebut, seluruh petinggi DPC ikut turun langsung.

Seperti Sekretaris, Julisetyo Puji Rahayu, Bendahara, I Kade Ayu Tirtawati, Ketua BPOKK, Sunarko Wijaya, Ketua KPP, Teddy UT, serta seluruh jajaran Fraksi Demokrat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi. Handoko SE, Gunawan Satria Pratama, Wendriawanto, Sri Utami Faktuningsih dan Yusieni.

Termasuk Ketua Dewan Kehormatan DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Papi Juan.

Terakhir, saking cintanya pada partai dan masyarakat Banyuwangi, disela kesibukan sebagai pengusaha, Michael masih menyempatkan membuat single lagu tradisional kendang kempul berjudul ‘Demokrat Kanggo Rakyat’.

Lagu tersebut diabadikan dalam bentuk video klip dengan latar kegiatan DPC Partai Demokrat Banyuwangi, dan di-upload dalam media sosial Youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=ONJpqVsfAjI.  (*)

Pewarta
: Dian Efendi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Ahmad Sukma