Kesehatan
8 Manfaat Buncis untuk Tubuh
14-01-2018 - 02:32 | Views: 2.67k
ILUSTRASI. Buncis memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (FOTO: aryanto.id)
ILUSTRASI. Buncis memiliki banyak manfaat untuk tubuh. (FOTO: aryanto.id)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – digunakan dalam masakan Amerika dan Eropa, buncis juga banyak dibudidayakan di Asia dan Afrika. Buncis bahkan menjadi salah satu sayur yang sanga direkomendasikan ahli kesehatan untuk kita konsumsi secara rutin. 

Sayur buncis merupakan sayur yang kaya akan nutrisi dan vitamin sehat buat tubuh. Apa saja manfaat sehat dari sayur buncis? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber.

Bermanfaat untuk Ibu Hamil
Kacang buncis kaya akan folat, yang bila dikonsumsi selama kehamilan dapat membantu mencegah kelainan pada janin. Buncis ini juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan jantung bayi yang sehat, oleh karena itu buncis merupakan sayuran untuk ibu hamil yang cukup ideal.

Menyehatkan Jantung
Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam sayur buncis bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisinya berupa flavonoid dan antioksidan polifenolnya dipercaya bisa menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan penyakit mematikan lainnya. 

Bantu Menurunkan Berat Badan
Sayur buncis mengandung kalori dan lemak yang cukup rendah sehingga sangat baik dikonsumsi selama kita menjalankan program diet. Selain menurunkan berat badan, sayur buncis juga bantu tubuh menjaga berat badan agar selalu pada posisi ideal.

Memperbaiki Kesehatan Pencernaan
Karena kandungan seratnya yang tinggi, buncis juga dapat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita irritable bowel syndrome (IBS) dan sembelit. Buncis ini memiliki efek diuretik sedang pada tubuh, yang dapat merangsang keluarnya urin secara normal dan menghilangkan racun yang berbahaya dari tubuh.

Menyehatkan Mata
Selain wortel yang begitu baik dalam menjaga kesehatan mata, sayur buncis juga baik dalam menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian yang dilakukan para ahli menemukan jika nutrisi yang terkandung di dalam buncis mampu melindungi mata dari berbagai masalah kesehatan, melindunginya dari radiasi sinar UV berbahaya dan mencegah risiko mata buram. 

Menurunkan Risiko Diabetes
Vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam buncis baik untuk mencegah dan mengatasi risiko diabetes. Jadi, aman nih bagi penderita diabetes untuk konsumsi buncis demi menjaga kesehatannya agar senantiasa stabil. Peneliti menyebutkan jika nutrisi yang terkandung dalam buncis baik dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Di musim hujan seperti sekarang ini, sistem kekebalan tubuh bisa turun dengan mudahnya. Untuk menjaganya agar tidak turun, menerapkan pola hidup sehat konsumsi makanan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti buncis penting dilakukan. Nutrisi yang terkandung di sayuran ini efektif menangkal radikal bebas penyebab menurunnya daya tahan atau kekebalan tubuh.

Mencegah Penuaan Dini
Buncis juga mengandung sejumlah flavonoid dan antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penuaan dini yang diakibatkan radikal bebas. Vitamin A yang hadir dalam sayur buncis ini juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering, keriput, dan bintik-bintik hitam. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani