Peristiwa - Daerah
Menolak Lupa Inovasi dan Kreasi Eddy Rumpoko
13-01-2018 - 19:32 | Views: 5.87k
Mantan Wali Kota Batu, Jawa Timur, Eddy Rumpoko (ER). (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Sosok mantan Wali Kota Batu, Jawa Timur, Eddy Rumpoko (ER), ternyata tak hanya dikagumi warga Kota Batu dan Malang Raya. Selama ia menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Cipinang, Jakarta, mayoritas warga binaan dan petinggi serta Sipir Rutan CIpinang sangat mengidolakan dan mengagumi sosok ER.

Hal itu dibuktikan saat ER menggelar perpisahan dengan petinggi Rutan Cipinang dan warga Binaan di Rutan setempat, untuk pindah ke Lapas Kelas II A Sidoarjo, Jumat (12/1/2018) sore.

Kini, ER begitu popular disapa, sudah menghuni Lapas Sidoarjo. Perpindahan dilakukan untuk mempermudah proses persidangan yang akan digelar di Pengadilan Tipikor Jawa Timur, di Juanda, Sidoarjo.

Dalam Video yang disebar di media sosial tersebut, menampilkan sosok ER yang sangat dekat dengan siapapun yang ada di sekitarnya. Saling memberikan ilmu dan pengalaman baik selama ia menjadi orang nomor satu di Kota Batu.

Video itu juga dibarengi dengan kata-kata “Sosok seorang Ayah, yang tidak hanya ingin didengar suaranya. Tapi mau mendengarkan suara dan keluh kesah orang sekitarnya”.

Dalam acara perpisahan itu, para petinggi Rutan Cipinang menyampaikan rasa simpatinya dan keberatannya ditinggal sosok ER.

“Kami merasa sedih. Tapi tentunya ada jalan ceritanya tersendiri. Karena tidak selamanya perpisahan itu akan menjadi komunikasi terputus,” kata petinggi Rutan Cipitang yang tidak tercantum nama dan jabatannya.

Komentar warga binaan lainnya, juga mengaku sama. Mereka sangat sedih berpisah dengan ER. Karena sosok ER dinilai telah banyak memberikan ilmu dan banyak menginspirasi warga binaan selama di dalam Rutan Cipinang.

“Saya yakin, kita bakal bertemu lagi,” aku salah satu warga binaan di video itu. Bahkan sosok ER oleh warga binaan sudah dianggap orang tua sendiri. “Semoga apa yang menimpanya, banyak hikmah yang bisa diambilnya. Saya yakin, aka nada jalan terbaik nantinya,” katanya.

Walau antara Rutan Cipinang dan Lapas Sidoarjo berjauhan, mereka menyakini, akan kembali bertemu dengan ER. “Jelas tuhan punya rencana yang terbaik buat masku,” ujar warga binaan lainnya.

Mereka juga berharap, vonis untuk ER rendah dan diberikan kesabaran. Mereka berharap bisa ketemu lagi di luar Rutan nantinya.

“Kita selalu berpikir positif saja. Semoga kedepan sukses menjalani vonis dan kembali berinovasi dan kreatif,” harapnya.

Sementara, dalam video itu juga ada sosok Rino Lande, salah warga binaan yang berjasa jasa besar yang inovatif dan kreatif di dalam Rutan Ciping. Ia adalah mantan akrivis di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Malang.

Selama ada di Rutan Cipinang, Rino sudah berhasil mengajak warga binaan untuk kreatif dan inovatis di dalam rutan. Salah satu bukti yang real dia gagas adalah kemasan air mineral bernama khusus di dalam Rutan Cipinang. Namanya, “Jeera” dan Jeera Coffee.

Selain itu, Rino berdoa untuk ER, tetap diberikan ketabahan menjalani yang dialaminya. Ia mengaku sangat mengangumi apa yang telah dilakukan ER selama menjabat Wali Kota Batu.

ER dinilai telah berhasil membawa Kota Batu menjadi Kota Wisata di level nasional dan dunia. “Keberhasilan Kota Batu tak bisa dilepaskan dari perjuangan ER,” katanya. (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Rochmat Shobirin