Gaya Hidup
Dilarang ke Toilet Kabin Sebelum Pesawat Lepas Landas! Ini Alasannya
13-01-2018 - 02:41 | Views: 1.85k
ILUSTRASI. Sebelum pesawat lepas landas atau mendarat, penumpang tidak diperkenankan untuk meninggalkan bangku pesawat. (FOTO: dispatchlive.co.za)
ILUSTRASI. Sebelum pesawat lepas landas atau mendarat, penumpang tidak diperkenankan untuk meninggalkan bangku pesawat. (FOTO: dispatchlive.co.za)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Sebelum pesawat lepas landas atau mendarat, pilot dan pramugari pasti selalu mengingatkan penumpang untuk tidak menggunakan toilet kabin. Perlu diketahui, aturan tersebut wajib dipatuhi, karena jika tidak bisa terancam diturunkan dari pesawat sampai berurusan dengan pihak berwajib.

Mengapa ada larangan ini? Ternyata ada alasan penting di balik aturan remen itu. Dilansir dari CNN Indonesia, ternyata memaksa menggunakan kamar kecil kabin sebelum pesawat berada di posisi aman untuk lepas landas atau mendarat merupakan hal yang melanggar peraturan penerbangan internasional.

Tak hanya penumpang, pilot dan pramugari yang tak melarang penumpangnya melakukan hal tersebut bisa ikut dihukuman.

Keselamatan penumpang menjadi alasan utama dalam hal ini. Karena, masa lepas landas dan mendarat pesawat merupakan masa yang paling berpotensi kecelakaan, sehingga penumpang diminta tetap berada di bangku mengenakan sabuk pengaman. 

Selain duduk di bangku, penumpang juga diminta untuk memastikan lagi letak jalur dan pintu darurat, sebagai antisipasi menyelamatkan diri jika pesawat gagal lepas landas atau mendarat.

Kalau hal buruk itu terjadi dan masih ada penumpang yang masih berada di dalam kamar mandi kabin, tentu saja akan sulit bagi pilot atau pramugari menyelamatkannya. 

Ditambah, kamar mandi kabin juga tak memiliki alat keselamatan penerbangan. Permukaan bagian di kamar mandi juga terbilang berbahaya jika harus berbenturan dengan badan saat pesawat mengalami guncangan.

Untuk menghindari hal ini, dianjurkan menggunakan toilet sebelum naik pesawat atau menggunakan toilet di kabin setelah pilot mengumumkan tanda lepas sabuk pengaman serta sebelum pramugari membagikan menu makanan. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia