Kuliner
Tips Mudah Menghilangkan Bau Amis Telur
13-01-2018 - 01:55 | Views: 7.00k
ILUSTRASI. Mengolah telur agar tak bau amis. (FOTO: rupcare.com)
ILUSTRASI. Mengolah telur agar tak bau amis. (FOTO: rupcare.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Salah satu bahan masakan yang paling mudah diolah adalah telur. Telur merupakan penyelamat saat perut lapar namun malas untuk masak yang agak berat dan ribet. Tinggal ambil dari lemari es, lalu digoreng. Mau ceplok atau dadar tak masalah. Lalu ambil sepiring nasi dan perut pun terisi.

Sebutir telur ayam negeri seberat 50 g (rata-rata beratnya 50 - 70 g) mengandung  6,3 g protein, 0,6 g karbohidrat, 5 g lemak, 275 mg kolesterol plus beberapa vitamin dan mineral. Proteinnya bermutu tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial dalam jumlah dan komposisi yang lengkap dan berimbang yang diperlukan tubuh.

Meski enak dan kaya gizi, masalahnya, bau amis yang keluar dari telur membuat beberapa orang enggan menyantapnya. Jika Anda termasuk salah satu yang terganggu dengan bau amis ini, yuk intip tips mengolah telur yang super mudah berikut ini.

Rendam telur dalam air yang diberi kapur sirih selama 5 menit sebelum telur dimasak. Ini akan menghilangkan bau amis telur ayam. Telur bebek yang amisnya melebihi telur ayam pun juga bisa dihilangkan baunya dengan merendamnya dalam air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam sebelum diolah.

Selain menggunakan air kapur sirih, Anda juga bisa merendam telur di air bekas cucian beras selama beberapa waktu sebelum diolah.

Sangat mudah dan praktis bukan. Anda sekarang bisa menikmati telur bebas amis. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia