Peristiwa - Nasional
Mendagri Kembali Tegaskan Makna Kebhinnekaan
12-01-2018 - 23:39 | Views: 3.36k
Mendagri Tjahjo Kumolo sebelum acara perayaan Natal Pegawai Negeri Sipil Kemendagri 2017 berlangsung. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Mendagri Tjahjo Kumolo sebelum acara perayaan Natal Pegawai Negeri Sipil Kemendagri 2017 berlangsung. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia).

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan perhatian besar pada peningkatan kualitas kerukunan masyarakat di tengah keberagaman bangsa Indonesia.

"Keberagaman harus kita lihat sebagai sebuah keniscayaan dan anugrah bagi bangsa Indonesia," tutur Tjahjo dalam acara perayaan Natal ASN di lingkungan Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Dalam kesempatannya, Menteri asal PDI Perjuangan itu menekankan agar keberagaman ini tidak sampai menurunkan semangat membangun kebersamaan dalam kerukunan dan kedamaian antar sesama.

"Para karyawan jangan sampai terkotak-kotak oleh perbedaan agama maupun ikatan primordial lainnya,  melainkan harus memperkokoh persatuan dan kesatuan berdasarkan nilai-nilai Pancasila," jelasnya. 

Karena itu, Mendagri mengajak seluruh masyarakat, khususnya ummat kristiani agar memaknai kebesaran tuhan berdasarkan nilai-nilai luhur serta keutamaan dalam hidup ummat manusia. 

"Ini sesuai tema lerayaan Natal tahun 2017 yang ditetapkan oleh Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), yaitu 'Hendaknya Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu," beber dia. 

Dalam konteks kehidupan berbagsa dan bernegara lanjut Tjahjo, kasih dapat menjadi modal dan kekuatan dasar dalam mengatasi berbagai permasalahan kehidupan kebangsaan dan kenegaraan. 

"Kasih dapat menjadi landasan kita dalam memelihara, meneguhkan dab membangun ke-Indonesia-an kita yang plural, yang bhinnika namun tetap satu," pungkasnya.  (*)

Pewarta
: Hasbullah
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia