Peristiwa - Daerah
Renovasi Gelora Bung Karno Selesai, Menteri Basuki: Lighting-nya Salah Satu Terbaik Dunia
12-01-2018 - 21:59 | Views: 2.48k
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).  (FOTO: Istimewa)
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (FOTO: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang dilakukan Kementerian PUPR telah selesai 100 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melakukan pengecekan mengatakan Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah salah satu stadion yang terbaik di dunia.

"Siap digunakan untuk Asian Games XVIII Tahun 2018," katanya saat menggelar pertandingan ujicoba antara pimpinan Kementerian PUPR dengan PT. Adhi Karya di SUGBK, Jakarta, Kamis (11/1/2018) malam.

Menurut Basuki, pada tanggal 14 Januari 2018 petang, Presiden dijadwalkan akan meresmikan stadion SUGBK. Dalam kesempatan itu juga, Presiden akan secara langsung menyaksikan pertandingan persahabatan antara Tim Nasional Indonesia melawan Islandia.

"Kami yang bertanggung jawab atas renovasinya, melakukan ujicoba untuk melihat kualitas pencahayaan, rumput, tata suara, papan skor. Untuk lighting-nya saya dapat informasi ini salah satu yang terbaik di dunia, namun akan diungguli oleh stadion (Olimpiade dan Paralimpiade) Tokyo 2020,” katanya.

Renovasi SUGBK dilakukan sejak bulan Agustus 2016 dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Penta Rekayasa Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 769,7 miliar.

Sementara konsultan manajemen konstruksi adalah PT Deta Decon dan PT Multi Karadiguna Jasa KSO dengan nilai kontrak Rp 10,2 miliar.

Secara keseluruhan, untuk renovasi venue dan penataan kawasan GBK, progresnya telah mencapai 99 persen. Meski beberapa venue olahraga telah selesai, namun pekerjaan penataan kawasan GBK yang baru dimulai Mei 2017 masih dalam penyelesaian akhir.

“Untuk venue olahraga hampir seluruhnya sudah selesai dan akan kami usulkan diresmikan satu per satu oleh Bapak Presiden,” pungkasnya. (*)

Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia