Peristiwa
Antisipasi Banjir, Dinas Pengairan Banyuwangi Genjot Optimalisasi Embung
12-01-2018 - 16:31 | Views: 11.02k
Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo, bersama jajaran dan masyarakat saat melakukan penebaran benih ikan di embung Samidin, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng. (FOTO: Dinas Pengairan Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo, bersama jajaran dan masyarakat saat melakukan penebaran benih ikan di embung Samidin, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng. (FOTO: Dinas Pengairan Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Meminimalisir bencana banjir dimusim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan, Banyuwangi, Jawa Timur, terus menggenjot optimalisasi embung. Kali ini, dilakukan di embung Samidin, di Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng.

Disini, Dinas Pengairan bersama masyarakat setempat menggelar pengajian dan tasyakuran, tanda selesainya proses pembangunan embung.

Kegiatan ini disambut suka cita masyarakat. Terlebih sebelumnya wilayah setempat memang kerap dilanda kekeringan saat musim kemarau.

“Saat musim penghujan, embung ini dapat berfungsi sebagai penampung air, dan ketika musim kemarau akan menjadi tambahan suplai air untuk lahan pertanian masyarakat,” ucap Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo, Jumat (12/1/2018).

Guna menjaga kekompakan, Dinas juga memberikan sureprize pada masyarakat sekitar. Yakni dengan melakukan penebaran ribuan benih ikan yang dilanjutkan dengan lomba memancing.

Ratusan warga tumpah ruah memadati embung. Sebagai penyemangat, Dinas Pengairan Banyuwangi, menyiapkan sejumlah hadiah menarik.

Selain masyarakat serta jajaran Dinas Pengairan, acara ini juga dihadiri anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, Muhammad Sahlan.

Dia sengaja hadir guna memastikan bahwa berbagai inovasi Dinas Pengairan, benar-benar mampu memberi manfaat bagi masyarakat.

“Semoga membawa keberkahan untuk petani Kembiritan,” katanya.

Sekedar diketahui, embung Samidin, di Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, memiliki tinggi mercu 4 meter, lebar 11 meter dan luas genangan sekitar 1000 meter.

Diperkirakan, embung yang dibangun 2 tahap dengan anggaran Rp 800 juta dari APBD Banyuwangi ini mampu menampung 12 ribu meter kubik air.

Dengan begitu, embung yang juga menjadi penghubung Dusun Pandan dan Cendono, Desa Kembiritan, ini dipastikan dapat mendongkrak produktivitas 53 hektar lahan pertanian setempat. (*)

Pewarta
: Syamsul Arifin
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Rizal Dani