Pendidikan
Sekolah di Banyuwangi Harus Cerdas Kelola ‘Online’ Website
12-01-2018 - 11:40 | Views: 4.18k
Web Developer, Rizal Ramadhani. (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)
Web Developer, Rizal Ramadhani. (FOTO: Dian Effendi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Sekolah di Banyuwangi harus cerdas memanfaatkan website dan media sosial untuk mendekatkan diri dengan khalayak. Pengaruh internet mulai menggeser strategi pendekatan konvensional.

Perkembangan pesat pengguna ‘online’ di Indonesia berpengaruh besar terhadap pola dan strategi promosi sekolah. Terutama bagi sekolah swasta yang memang dituntut adu kualitas dan gencar melakukan pencitraan.

Selain itu, website sekolah bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan tidak langsung dengan orang tua siswa. Bahkan, jika website dikelola dengan baik, bisa menjadi media informasi bagi warga sekolah.

Rizal Rahmadhani, web developer wajek.id menilai, sekolah-sekolah di Banyuwangi kurang begitu memanfaatkan website untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan sekolah.

“Termasuk jarang meng-upload berita tentang prestasi sekolah. Padahal website sangat besar manfaatnya,” jelas Rizal, di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/1/2017).

Yang kedua, lanjutnya, jarang sekali ditemukan ada website sekolah yang update. Akhirnya menyebabkan pengunjung website sangat rendah.

“Sebenarnya problem itu mudah diatasi asal admin lihai menciptakan sebuah berita,” ungkapnya.

Dalam mengisi konten, admin perlu mencermati isu apa yang menarik untuk diangkat. Misal menulis tips belajar ala remaja zaman now, tips kesehatan, atau tentang lifestye.

Yang tak kalah penting adalah dengan melibatkan para siswa untuk menulis. Ibaratnya, masih Rizal, website bisa menjadi pengganti majalah dinding, yang diakui atau tidak, mulai jarang digemari oleh para pelajar.

Dengan website yang selalu update, sekolah akan lebih mudah membangun komunikasi dengan masyarakat, terutama kepada warga sekolah dan wali murid.

Tak berhenti disitu, website juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesempatan kepada para siswa untuk kreatif. (*)

Pewarta
: Dian Efendi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani