Peristiwa
Pembangunan Embung Solusi Atasi Banjir di Banyuwangi Selatan
11-01-2018 - 20:35 | Views: 3.72k
Pengendara sepeda motor menerjang banjir di jalan depan SMP PGRI, Kecamatan Pesanggaran. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
Pengendara sepeda motor menerjang banjir di jalan depan SMP PGRI, Kecamatan Pesanggaran. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Hujan yang turun hampir dua hari membuat Kabupaten Banyuwangi khususnya wilayah selatan dikepung banjir.

Banjir dengan rata-rata setinggi hampir satu meter tersebut merendam beberapa desa di wilayah Kecamatan Pesanggaran. 

Hardiono, Camat Pesangaran, menyampaikan, untuk mengatasi hal itu pihak Kecamatan Sanggar, bekerja sama dengan pihak terkait seperti perhutani dan PT BSI untuk membuat embung agar masalah ini segera teratasi.

"Rencananya kami hari ini akan meninjau lokasi yang nantinya akan dibuat embung, tapi karena cuaca tidak mendukung, akhirnya tertunda," ungkap Hardiono, Camat Sanggar, melalui sambuangan telepon, Kamis (11/1/2018).

Selain membuat embung, nantinya, sungai yang berada di wilayah tersebut akan dilebarkan, agar daya tampung air menjadi besar dan untuk memperlancar aliran air. 

"Untuk saat ini, kami sudah menyiapkan dapur umum untuk membantu kebutuhan korban banjir. Hari ini sudah mulai surut, semoga saja hujan segera reda, sehingga genangan air bisa kembali surut," ucapnya. (*)

Pewarta
: Erwin Wahyudi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani