Gaya Hidup
Benarkah Menyetrika Dapat Membakar Kalori?
10-01-2018 - 04:34 | Views: 2.73k
ILUSTRASI. Setrika dapat membakar kalori dalam tubuh. (FOTO: smartmama.com)
ILUSTRASI. Setrika dapat membakar kalori dalam tubuh. (FOTO: smartmama.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Bagi sebagian orang, menyetrika menjadi pekerjaan yang menyebalkan. Selain membosankan, menyetrika juga membuat kepanasan. Namun demikian, menurut pakar kesehatan, kegiatan rumah tangga ini ternyata bisa memberikan manfaat bagi kesehatan lho.

Kementerian Kesehatan, seperti dilansir dari Dokter Sehat menyebutkan bahwa menyetrika selama 1 menit saja sudah cukup untuk membakar 4,2 kilo kalori dalam tubuh. Hal ini berarti, jika kita menyeterika selama 30 menit, maka setidaknya sudah ada 126 kilo kalori yang terbakar.

Wah, bayangkan saja jika kita menyeterika secara rutin beberapa kali dalam seminggu, maka kalori dalam tubuh cukup banyak yang terbakar dan berimbas pada terjaganya berat badan dalam kondisi yang ideal.

Tak hanya menyetrika, beberapa pekerjaan rumah tangga lainnya juga memiliki manfaat layaknya melakukan kegiatan olahraga. Contohnya, jika kita membersihkan jendela kamar saja dalam 30 menit saja, maka kita sudah mampu membakar 111 kilo kalori di dalam tubuh.

Jika kita cenderung malas berolahraga, anda dapat menggantinya dengan pekerjaan rumah. Dengan melakukan pekerjaan rumah, Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan ganda, baik itu berupa tubuh yang sehat, rumah yang jauh lebih bersih, dan berat badan yang tetap ideal. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani