Peristiwa - Daerah
Festival Malang Mbakso
Menteri Puspayoga Siap Bantu Koperasi Bakso
06-01-2018 - 15:57 | Views: 2.06k
Suwarto (baju coklat) bersama Menkop RI AAGN Puspayoga (dua dari kiri) di Kantor Kemenkop UKM. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Suwarto (baju coklat) bersama Menkop RI AAGN Puspayoga (dua dari kiri) di Kantor Kemenkop UKM. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Menteri Koperasi dan UKM RI Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengapresiasi dan mendukung penuh Festival Malang Mbakso 20-22 Januari 2018. Dukungan itu disampaikan Puspayoga dalam pertemuan dengan Ketua Koperasi Bakso Madani Suwarto di Kantor Kemenkop UKM, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, Puspayoga berkomitmen akan membantu pergerakan koperasi daerah. Apalagi yang berkaitan dengan UKM, seperti penjual bakso keliling ini.

"Sangat mendukung. Apalagi bisa mengangkat ikon kuliner. Bakso Malang sudah menasional, tapi harus lebih diviralkan lagi supaya bukan hanya baksonya saja yang terkenal, namun juga pedagangnya juga sejahtera," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebagai upaya dalam membangun serta memberdayakan sektor ekonomi kerakyatan, khususnya di lingkungan para pedagang bakso keliling yang ada di Malang Raya, Koperasi Bakso Madani bekerjasama dengan pemda se-Malang Raya dan TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id) menyelenggarakan Festival Malang Mbakso. Festival ini sebagai gebrakan awal dalam mendongkrak Bakso sebagai ikon kuliner Malang Raya.

Sementara, Suwarto menambahkan, dalam pertemuan itu Menkop akan men-support terkait perijinannya. Termasuk label halal pedagang bakso.

"Pak Puspayoga mendukung kegiatan ini, apalagi ada satu koperasi yang merupakan  koperasi produksi yang akan  mengangkat ikon kuliner suatu daerah,’’ kenangnya.

Menkop, sambung Suwarto,  juga mengatakan bahwa proses pengurusan legalitas dan hak merk akan dibantuk kementrian. Termasuk hak paten dan legalitas halalnya nanti.

“Pak Menteri menyerahkan kepada deputi kementerian. Free tidak ada biaya," ungkap Suwarto yang mengaku terharu dengan dukungan Menteri Puspayoga. (*)

Pewarta
: Deasy Mayasari
Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rochmat Shobirin