Peristiwa - Nasional
Menkeu Orasi Ilmiah di Dies Natalis UB
05-01-2018 - 10:52 | Views: 4.53k
Mentri Ekonomi Sri Mulyani hadiri Rapat Terbuka Senat dalam rangla Dies Natalis Univ Brawijaya ke 55. (FOTO: Adhtya Hendra/TIMES Indonesia)
Mentri Ekonomi Sri Mulyani hadiri Rapat Terbuka Senat dalam rangla Dies Natalis Univ Brawijaya ke 55. (FOTO: Adhtya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, MALANG – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menghadiri Dies Natalis ke-55 Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Samantha Krida UB, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (5/1/2017).

Dalam orasinya, Menkeu menekankan beberapa poin penting tentang kondisi ekonomi di Indonesia. Mulyani mengatakan saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia telah menunjukkan hasil positif. 

"Indonesia adalah negara kategori middle income atau negara berkembang yang tentu terpengaruh perekenomian global tersebut,” katanya.

Dijelaskan, saat ini ekonomi Indonesia di komoditas internasionarl telah mencapai 5,6 persen, atau tertingi di G30 setelah Tiongkok dan India. Indonesia juga telah meningkatkan peringkat, menjadi peringkat 16 di anggota G20.

Menkeu-Sri-Mulyani.jpg

Mulyani juga mengatakan sebagai negara besar, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang luas dan tidak seharusnya bergantung pada ekspor komoditas. Selama lima tahun terakhir harga komoditas mengalami penurunan. 

Karena itu, ia berharap Indonesia harus memiliki daya tahan yang tinggi. Ia juga menyebutkan Indonesia perlu memfokuskan sumber pertumbuhan ekonomi dalam negeri sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang inklusif. 

"Pemerintah akan terus mengawal revolusi ekonomi terutama di bidang fiskal," katanya.

Ia menjelaskan kebijakan fiskal di tahun 2018, akan fokus pada optimalisasi kebijakan, perbaikan ekonomi dan pengelolaan yang hati-hati. Untuk defisit 2018, akan diminimalisi tanpa mengurangi stimulus.

Citivatas akademika UB, juga diajak untuk terus menciptakan suasana kerja nyata dalam mengupayakan kesejahteraan dan cita-cita kemerdekaan. "Cita kemerdekaan yang mencapai kesejahteraan masyarakat yang adil, makmur, dan bermatabat," tambahnya.

Rapat-Terbuka-UB.jpg

Sebelumnya, dalam rapat terbuka senat UB, juga disampaikan berbagai capaian universitas selama 2017 oleh Rektor UB, Prof Dr M Bisri. 

Kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan penampilan orkestra UB Purnama Caraka dan Trie Utami, yang sebelumnya menampilkan lagu Indonesia Jaya dan Tanah Air. (*)

Pewarta
: Imadudin Muhammad
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin