Gaya Hidup
Jangan Menyimpan Makanan-Makanan Ini di Kulkas
30-12-2017 - 04:44 | Views: 1.88k
ILUSTRASI. Menyimpan makanan di kulkas. (Foto: choice.com)
ILUSTRASI. Menyimpan makanan di kulkas. (Foto: choice.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Menyimpan makanan di lemari es selalu menjadi pilihan agar makanan bisa bertahan lebih lama. Namun sebenarnya tidak semua makanan baik disimpan di lemari es. Sembarang menyimpan makanan di lemari es dapat menurunkan kualitas dari makanan tersebut atau bahkan bisa berbahaya bagi kesehatan. Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es, dilansir dari Dokter Sehat.

Telur rebus
Telur yang direbus terkadang bisa mengalami keretakan pada cangkangnya. Jika kita meletakkan telur rebus ini di dalam lemari es, bisa jadi bakteri akan memasuki bagian dalam telur dan jika kita konsumsi, hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Makanan yang digoreng
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan yang digoreng sebaiknya segera dikonsumsi dan tidak disimpan di dalam kulkas. Mengonsumsi gorengan yang telah disimpan di dalam lemari es dapat menyebabkan sakit perut. Selain itu, jika kita mengkonsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak, resiko untuk terkena masalah obesitas atau penyakit jantung juga bisa meningkat.

Sayuran atau buah yang kaya akan kadar air
Beberapa jenis sayuran atau buah yang kaya akan kandungan air seperti selada, mentimun, atau buah semangka sebaiknya tidak kita simpan di dalam lemari es. Jika kita melakukannya, dikhawatirkan kadar air di dalam sayuran dan buah ini menurun drastis dan akhirnya membuat kualitasnya menurun.

Daging
Membekukan daging memang bisa membuat daging menjadi awet dan bisa dimasak di kemudian hari. Hanya saja, ada baiknya kita tidak menyimpannya terlalu lama karena bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak. Alhasil, daging pun akan kurang sehat untuk dikonsumsi.

Minuman bersoda
Minuman bersoda kalengan atau botolan jika disimpan di dalam lemari es bisa memicu ledakan. Tumpahan dari minuman bersoda ini juga bisa membuat lemari es lengket dan kotor. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Rizal Dani