Gaya Hidup
Pinggiran Roti Tawar Berjamur, Bolehkah Makan Bagian Lainnya?
23-12-2017 - 02:13 | Views: 2.33k
ILUSTRASI. Roti tawar. (FOTO: alarabiya.net)
ILUSTRASI. Roti tawar. (FOTO: alarabiya.net)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Kadangkala kita kecewa saat melihat roti tawar yang sebenarnya belum memasuki tanggal kadaluwarsa namun sudah berjamur di bagian pinggirannya. Sebagian orang akan membuang pinggiran roti tersebut dan dengan enteng tetap memakan bagian roti lainnya karena dianggap masih aman untuk dikonsumsi. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa bagi kesehatan?

Dilansir dari Dokter Sehat, ahli di bidang makanan bernama Nuri Andarwulan yang merupakan dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan bahwa roti yang sudah berjamur, meskipun hanya bagian pinggirannya saja, sebaiknya tidak lagi dimakan.

Meskipun hanya sebagian kecil yang berjamur, kita tidak tahu bagaimana kondisi di dalam roti, termasuk di bagian yang tidak terlihat berjamur. Apalagi dengan tekstur roti yang berpori yang tentu bisa membuat jamur menyebar dengan cepat.

Hal yang berbeda terjadi pada keju. Jika salah satu bagian keju berjamur, kita tinggal membuang bagian tersebut dan bagian yang masih terlihat baik masih bisa dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh tekstur keju yang cenderung lebih kokoh sehingga tidak mudah dirusak oleh jamur.

Nuri juga menyarankan kita untuk lebih baik dalam menyimpan roti. Cukup banyak orang yang sengaja menyimpan roti di dalam kulkas dengan tujuan membuatnya menjadi lebih awet. Padahal, hal ini justru bisa membuat roti menjadi lebih mudah jamuran dan rasanya juga berubah.

Pakar kesehatan lainnya, dr. Jessica Florencia, juga menyebutkan bahwa roti sebaiknya diletakkan di suhu ruangan saja karena justru di suhu inilah roti tidak akan mudah berjamur. Jika diletakkan di suhu dingin layaknya di dalam kulkas, roti akan kehilangan kesegarannya, tidak lagi terasa nikmat, dan cenderung lebih mudah berbau. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma