Peristiwa
Pasang Girder Jembatan Wonolangan, Jalan Raya Dringu Ditutup Sementara
04-12-2017 - 19:52 | Views: 4.35k
Pemasangan girder Jembatan Wonolangan, Dringu (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)
Pemasangan girder Jembatan Wonolangan, Dringu (FOTO: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Pembangunan Jembatan Wonolangan di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memasuki pemasangan girder sisi selatan. Nanti malam, sekitar pukul 22.00 waktu setempat, pihak pelaksana proyek akan melakukan penutupan akses jalan pantura nasional tersebut, untuk beberapa saat.

Penutupan akan dilakukan, hingga pemasangan empat girder sisi selatan rampung.

Hal itu disampaikan oleh Petugas Pembuat Komitmen (PPK) jalan raya Situbondo Probolinggo, David Mulyono, Senin (4/12/2017) petang. Penutupan terpaksa dilakukan, karena pemasangan girder itu membutuhkan tiga unit crane sekaligus. 

Nantinya selama pemasangan, sistem buka tutup jalur akan dilaksanakan. Mekanismenya, mulai dari waktu yang ditetapkan, lalu lintas akan ditutup. “Selanjutnya akan dilakukan pemasangan satu girder. Begitu selesai, lalu lintas kami buka kembali,” ujarnya.

Pemasangan girder berikutnya, juga demikian. Menunggu arus lalu lintas lengang, lalu dilakukan penutupan kembali. Rencananya, pemasangan empat girder itu memakan waktu dua malam. Yakni Senin malam dan Selasa malam. 

Pada pengerjaan ini, David sudah menyiapkan jalur alternatif, untuk kendaraan kecil yang biasanya tidak sabar menunggu. Alternatif pertama jalur utara, melewati jalan Daendels, dan jalan Raden Wijaya. Untuk jalan alternatif utara ini, disarankan bagi pengguna jalan yang ingin ke Kota Probolinggo, atau ke arah Surabaya.

Alternatif kedua, lewat jalur selatan, pertigaan Sinto belok ke jalan Ronggojalu, belok ke jalan Sumberbulu atau jalan raya Leces, tembus ke jalur selatan jalan raya Lumajang Probolinggo. Jalur kedua ini, disarankan bagi pengguna jalan yang hendak menuju Lumajang atau Jember.

“Kami berupaya untuk mempercepat pembangunan proyek jembatan Wonolangan ini agar bisa digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)

Pewarta
: Happy L. Tuansyah
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rizal Dani