Politik
Pemilu 2019
Cari PPS Berkualitas, Rekruitmen Dilakukan Oleh KPU
07-11-2017 - 07:11 | Views: 4.31k
Komisioner KPU, Jamaludin saat menjadi penguji calon peserta PPS di kantornya Jalan Agus Salim Banyuwangi (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Komisioner KPU, Jamaludin saat menjadi penguji calon peserta PPS di kantornya Jalan Agus Salim Banyuwangi (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Penyeleksian anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan dilakukan secara langsung oleh KPU Banyuwangi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun 2015 lalu yang dilakukan oleh panitia pemilihan di tingkat kecamatan atau PPK. 

Semangat yang diusung adalah untuk membentuk panitia yang benar-benar mengetahui fungsi penyelenggara pemilu.

Seperti yang disampaikan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) KPU, Jamaludin yang mengatakan, hal ini dilakukan untuk dapat melakukan seleksi anggota panitia penyelenggara secara objektif dan dapat mengetahui kapabilitas calon panitia secara langsung.

“Tadi ada yang sudah berkali-kali menjadi PPS tetapi ketika kita tanya tugasnya tidak paham, justru ada yang belum pernah menjadi PPS tapi tahu tugas-tugas dari PPS,” kata Jamal saat ditemui di KPU Banyuwangi, Senin (6/11/2017).

Dari jumlah pendaftar PPS sebanyak 1.015 orang, sambung Jamal sapaannya, yang mengikuti tes wawancara sejumlah 868 peserta atau rata-rata 4 orang disetiap desa/ kelurahan. Nantinya, 3 orang terpilih diharapkannya dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal dan profesional. 

Sedangkan untuk komposisi keanggotaan PPS yang menjadi prioritas adalah kualitas dari para calon. Meskipun, sebagian dari mereka pernah menjadi anggota PPS, namun yang dijadikan pertimbangan adalah kemampuannya.

“Kalau secara teori saja tidak paham bagaimana prakteknya nanti, kita tetap utamakan kualitas. Nantinya secara resmi para anggota PPS akan kami umumkan tanggal 10 November 2017,” ujarnya. (*)

Pewarta
: Hafil Ahmad
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin