Kesehatan
Mudah Ngantuk saat Berkendara? Ini Alasannya
07-11-2017 - 02:25 | Views: 3.44k
ILUSTRASI: Ngantuk saat berkendaraan, (FOTO: Kompas)
ILUSTRASI: Ngantuk saat berkendaraan, (FOTO: Kompas)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Saat melakukan perjalanan cukup jauh dengan naik bus atau berada di mobil pribadi kita cenderung lebih mudah merasa mengantuk. Karena alasan inilah ada orang yang bisa langsung dengan cepat tertidur saat melakukan perjalanan meskipun saat malam sebelumnya sudah tidur dalam waktu yang cukup. Lalu apa penyebabnya?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa fenomena yang akan membuat kita merasa mengantuk saat berada di dalam kendaraan seperti bus atau mobil disebut sebagai highway hypnosis. Fenomena ini terjadi karena apa yang kita lihat dari jendela mobil cenderung monoton atau itu-itu saja. Hal ini sangatlah berbeda dengan yang  kita alami jika mengendarai sepeda motor dimana kita bisa melihat pemandangan yang lebih luas dan bisa merasakan angin atau hal-hal lainnya yang membuat kita merasa lebih segar.

Highway hypnosis dicetuskan oleh seseorang bernama Geoffrey Underwood dalam buku berjudul Traffic and Transport Pshychology: Theory and Application. Dalam buku ini, Underwood mengulas secara mendetail tentang fenomena mengantuk saat berada di dalam mobil yang sedang melaju, baik itu berupa mobil yang memain didesain senyaman mungkin bagi penggunanya, pemandangan dari luar jendela mobil yang monoton, hingga kondisi duduk dalam waktu lama yang terasa membosankan sehingga akhirnya membuat kita mengantuk.

Teori lain dikeluarkan oleh Colin Lecher dari Popular Science. Menurut Lecher, munculnya rasa kantuk saat kita sedang berada dalam mobil disebabkan oleh mendengarkan suara bising yang konstan. Karena alasan ini pulalah suara teriakan atau bunyi klakson terdengar jauh lebih rendah. Kondisi ini disebut sebagai white noise dan bisa memberikan efek menenangkan pikiran dan akhirnya membuat kita lebih mudah mengantuk.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan kita sering ingin tidur saat berada dalam mobil, khususnya saat melakukan perjalanan jauh.

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia