Peristiwa - Daerah
Waskita Optimis Lebaran 2018 Tol Paspro Bisa Beroperasi
01-11-2017 - 17:46 | Views: 4.12k
Lokasi proyek tol Paspro di Desa Kedungsupit, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo (foto: Happy/TIMES Indonesia)
Lokasi proyek tol Paspro di Desa Kedungsupit, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo (foto: Happy/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Kendati saat ini pembangunan tol Pasuruan Probolinggo masih mencapai 45 persen, pihak PT Waskita Karya, selaku vendor proyek strategis nasional itu optimistis lebaran 2018 mendatang sudah bisa diuji coba. Saat ini, pembangunan masih fokus pada pembangunan pondasi jalan tol. Selain itu, sejumlah kendala juga sempat menjadi penghalang.
 
Ada beberapa hal yang menjadi penghalang dalam pembangunan proyek tol ini. Salah satunya, adalah pembebasan lahan. Sejauh ini untuk pembebasan lahan dari seksi 1, sampai dengan seksi 3, mencapai 96 persen.

Faktor yang menjadi kendala utama dari pembebasan lahan ini, yaitu lahan-lahan milik pemerintah yang masih terbentur regulasi dan masih belum juga rampung. Namun pihak PPK Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera), masih berupaya untuk menangani masalah tersebut.

Selain itu, masih ada satu kendala yang juga menjadi penghambat pengerjaan. Yakni keberadaan sebuah masjid, di Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo, yang berada tepat di tengah pembangunan jalan tol. 

“Untuk masjid itu, kami berusaha menyelesaikannya dengan membayar ganti rugi melalui kementerian keagamaan. Selain itu, masjid tersebut nantinya akan dipindah ke sebelah jalan tol, sekitar 100 meter,” Kata PPK Kemen PU-Pera, Agus Minarno, Rabu (1/11/2017).

Pada awal November, Agus menyebut, pihaknya mulai koordinasi pembebasan lahan seksi 4. Dari Kecamatan Leces, hingga Kecamatan Gending, sepanjang 12,5 km. Sementara untuk seksi 1, sampai dengan 3, mulai dari Grati hingga Leces, panjangnya mencapai 31,3 km. “Jadi nantinya total keseluruhan mulai dari seksi 1 Pasuruan hingga seksi 4 Probolinggo, mencapai 45 km,” kata dia.

Meskipun saat ini masih mencapai progres pengerjaan sebanyak 45 persen, pihak Waskita optimis akhir tahun nanti pengerjaan bisa mencapai target 70 persen sehingga pada lebaran 2018 nanti, ruas tol Paspro bisa diuji coba. Terutama di simpang susun Muneng, hingga simpang susun Leces. Target selesainya, pada Desember 2018 nanti, ruas tol Paspro mulai dari Grati Pasuruan sampai Gending Probolinggo, sudah bisa berfungsi sepenuhnya. (*)

Pewarta
: Happy L. Tuansyah
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Sholihin Nur