Kesehatan
Tips Mengatasi Depresi dengan Makanan
07-10-2017 - 05:36 | Views: 4.21k
ILUSTRASI. Makanan sumber Omega 3. (FOTO: bebrainfit.com)
ILUSTRASI. Makanan sumber Omega 3. (FOTO: bebrainfit.com)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Banyak orang yang menganggap depresi adalah sesuatu yang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya. Padahal depresi bukanlah hal yang tanpa risiko. Depresi bisa menimbulkan berbagai bahaya kesehatan, bahkan hingga mengancam keselamatan jiwa Anda. Lalu, bagaimana cara mengatasi depresi?

Depresi tidak hanya dapat diatasi dengan obat-obatan. Faktanya, makanan yang sering Anda temukan pada kehidupan sehari-hari juga efektif untuk mengatasi kondisi berbahaya ini. Berikut lima makanan wajib konsumsi bagi Anda yang ingin terbebas dari depresi, seperti dilansir dari Klik Dokter.

Antioksidan
Antioksidan seperti vitamin A, C, dan E bisa Anda temukan pada sayur dan buah. Zat ini penting untuk mengatasi kelebihan radikal bebas dalam otak, yang sekaligus mengurangi gejala depresi.

Omega 3
Makanan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti ikan, kedelai, dan kacang-kacangan sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi depresi.

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks seperti gandum utuh atau beras merah, tidak hanya bikin Anda kenyang lebih lama. Zat ini juga turut berperan dalam mencegah dan mengatasi gejala depresi.

Protein
Sumber protein yang kaya akan asam amino triptofan, seperti ikan tuna dan daging ayam, sangat baik untuk menangkal depresi. Sumber protein lain, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan, juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Vitamin D dan Selenium
Makanan yang mengandung vitamin D seperti susu dan minyak ikan, atau makanan yang kaya selenium seperti kacang-kacangan, daging, dan seafood memberikan manfaat yang signifikan dalam mengatasi depresi.

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga harus membatasi jumlah konsumsi kafein harian. Ini karena kafein berperan pada terjadinya perubahan pola tidur dan mood seseorang, yang berhubungan dengan kejadian depresi. (*)

Editor
: Deasy Mayasari
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia