Peristiwa - Daerah
Nonton Student Jazz Festival, Nikmati Akhir Pekan Kece di Banyuwangi
25-08-2017 - 07:14 | Views: 8.84k
Penampilan salah satu peserta Banyuwangi Student Jazz Festival tahun lalu. (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Penampilan salah satu peserta Banyuwangi Student Jazz Festival tahun lalu. (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Banyuwangi kembali menawarkan acara kece kepada wisatawan yang ingin berlibur akhir pekan di daerah yang memiliki julukan The Sunrise of Java itu.

Student Jazz Festival kembali digelar untuk menjaring bakat bermusik jazz pelajar dan digelar selama dua hari, Jumat - Sabtu (25-26 Agustus).

Tidak hanya diikuti pelajar dari Banyuwangi, namun juga diikuti grup jazz daerah tetangga seperti Jember dan Bali hingga Malang dan Surabaya.

“Potensi bermusik di lingkungan pelajar sangat besar. Karena itu mereka perlu diberi wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki. Selain itu musik jazz juga musik dengan image yang baik, harapan kami bisa menginfluence energi positive bagi pelajar dan menjauhkan mereka dari tindak negatif,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat dihubungi, di Banyuwangi, Kamis (24/8).

Pada acara ini, selama dua hari para pelajar akan berkompetisi menampilkan performance terbaik mereka dalam bermusik jazz. Mereka akan membawakan musik jazz yang easy listening yang menjadi salah satu syarat kompetisi ini. Selain itu semua peserta juga wajib membawakan lagu Banyuwangi  yang diaransemen dengan musik Jazz.

“Kami mewajibkan lagu Banyuwangi dibawakan oleh semua peserta agar lagu khas lokal tidak tergerus dengan lagu-lagu popular dan semakin dikenal di luar daerah,” ujar Anas.

Ditambahkan Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiono, pada kompetisi ini akan dipilih 5 grup band terbaik. Para pemenang tersebut juga akan mendapatkan kesempatan tampil bersama musisi jazz nasional di acara Banyuwangi Beach Jazz Festival yang akan berlangsung pada 2 September mendatang.

“Para pelajar akan mendapatkan pengalaman yang berharga bisa tampil sepanggung dengan musisi jazz kawakan. Rencananya Banyuwangi Beach Jazz akan menampilkan Syaharani and Queenfireworks. Pasti akan jadi pengalaman yang seru,” ujar Sulihtiono. (*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Faizal R Arief
Publisher
: Sholihin Nur