Peristiwa
Investasi Rp 23 Triliun, Hutama Karya akan Kembangkan Kawasan Suramadu
31-07-2017 - 17:35 | Views: 15.40k
Jembatan Suramadu. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)
Jembatan Suramadu. (Foto: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Direktur Utama PT Hutama Karya Realtindo (PT HKR) Koentjoro dan Plt Kepala Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) Herman Hidayat tanda tangani MOU untuk mengembangkan Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura (KKJSM).

Menurut Plt Deputi Perencanaan BPWS Agus Wahyudi, pengembangan KKJSM tersebut meliputi kawasan wisata dan wisata syariah, perumahan, industri serta pelabuhan.

"Nilainya untuk KKJSM itu kurang lebih Rp 23 triliun termasuk CBD (area pusat bisnis/central business district)," katanya di sela acara Suramadu Investment Gathering di Jakarta, Senin (31/7).

Rencananya, PT HKR akan bertindak sebagai kontraktor yang memungkinkan terbentuknya konsorsium dalam pembangunan. Namun, khusus untuk proyek pembangunan jalan tol, perlu ada payung hukum yang mengatur.

"Belum termasuk (jalan tol) karena jalan tol kami tidak menawarkan langsung tapi oleh pengelola jalan tol, BPJT. Kita nanti perumahan, perkantoran,dan pergudangan juga bisa," tambahnya.

Disinggung soal pengembangan Kawasan Khusus Madura (KKM), dia mengatakan bahwa sampai saat BPWS masih belum mendapat calon investor.

Namun, tambahnya, pemerintah Korea Selatan sudah memberikan hibah untuk melakukan studi kelayakan.

"Kalau studi kelayakan nanti hasilnya positif, nanti akan membuat investor juga akan yakin dengan hasilnya. Nanti bisa kita tenderkan (proyeknya)," pungkasnya. (*)

Editor
: AJP-7 Editor Team
Publisher
: Rochmat Shobirin
Sumber
: TIMES Indonesia