Peristiwa
Mahkamah Agung Adaptasi Sistem Perencana Keuangan Online Banyuwangi
25-07-2017 - 14:59 | Views: 10.97k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr Muhammad Hatta Ali, MH di Banyuwangi. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr Muhammad Hatta Ali, MH di Banyuwangi. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Berkunjung ke Banyuwangi selama 3 hari, mulai Senin lalu, Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr Muhammad Hatta Ali, MH memuji sistem informasi online perencanaan keuangan Pemkab Banyuwangi. Ia pun memutuskan untuk mengadopsinya.

Hal itu disampaikannya usai melihat sistem pelayanan online di Lounge Pelayanan Publik Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Selasa (25/7/2017).

"Bagus sekali di sini. Justru kita mau mendalami bagaimana sistim IT yang ada di Banyuwangi. Mau memperdalam masalah ini di sini," kata Hatta.

Sekertaris MA Republik Indonesia, Achmad Setyo Pudjoharsoyo, menambahkan, MA akan mengirim Tim IT dan Biro Perencanaan MA untuk mempelajari sistim IT pelayanan publik ke Banyuwangi. Selain perihal IT koordinasi dan sinergitas antar instansi di Banyuwangi juga menjadi bahan pembelajaran mereka.

"MA memiliki satuan kerja peradilan yang tersebar di seluruh Indonesia berjumlah 916. Mulai dari pengadilan umum, tata usaha, militer dan agama sehingga sistem perencanaan keuangan online seperti ini sangat dibutuhkan," tutur Setyo.

Setyo mengatakan, salah satu kelemahan MA adalah kurangnya koordinasi dan pelaporan keuangan yang kurang efektif. Karena itu, sistem keuangan dan perencanaan online dibutuhkan agar transparansi lembaga penegak hukum itu terbentuk dan mendapat kepercayaan masyarakat.

Sebelumnya diberitakan, Mahkamah Agung (MA) menggelar penyerahan sertifikat akreditasi penjaminan mutu pengadilan se-Indonesia di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Digelar juga pembinaan teknis hakim dan panitera se-Jawa Timur. Keseluruhan acara itu diikuti ratusan jajaran MA dan berlangsung selama 3 hari, mulai Senin (24/7/2017) kemarin (*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: Rochmat Shobirin