Peristiwa
Catatan Persitiwa Penting pada 6 Juli
06-07-2017 - 09:16 | Views: 24.00k
Pencipta lagu anak-anak, Abdullah Totong Mahmud (A.T. Mahmud). (Foto: krakatau radio)
Pencipta lagu anak-anak, Abdullah Totong Mahmud (A.T. Mahmud). (Foto: krakatau radio)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Tidak banyak peristiwa menonjol yang terjadi di dunia pada 6 Juli. Di Indonesia, 6 Juli tercatat adalah tanggal meninggalnya Abdullah Totong Mahmud (A.T. Mahmud), pencipta lagu anak-anak.

Meninggal dunia pada 2010 lalu, A.T Mahmud yang lahir pada 1930 bisa disebut sebagai maestro lagu anak-anak.

Kemampuannya mencipta lagu-lagu khusus anak dengan tema yang sesuai dan nada riang menjadi warisan yang tergantikan hingga saat ini, khususnya saat anak-anak tak lagi memiliki lagu sesuai dengan usianya.

Selama hidupnya, sekitar 500 lagu anak-anak telah ia ciptakan. Lagu-lagu ciptaannya sangat populer dan sebagian menjadi lagu abadi bagi anak-anak, seperti Layang-layang, Anak Kambing Saya, Cicak, Bintang Kejora, Pelangi, dan Ambilkan Bulan Bu.

Lagu ini sangat terkenal dan diajarkan hampir di setiap TK di Indonesia.

Atas jasanya, A.T. Mahmud menerima beberapa penghargaan. Pada 11 Oktober 1999, ia menerima Piagam Hadiah Seni dari Pemerintah RI. Pada 27 Juni 2003, ia menerima anugerah Pendidikan Seni dari Universitas Negeri Jakarta pada acara Dies Natalis ke-39 universitas tersebut. Dan, pada 14 Agustus 2003, ia menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Megawati Sukarnoputri.

Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 6 Juli.

1940

Bandar udara Kemayoran, Jakarta mulai beroperasi dimulai dengan pesawat pertama yang mendarat jenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda, KNILM (Koningkelije Nederlands Indische Luchtvaart Maatschapij) yang diterbangkan dari Lapangan Terbang Tjililitan.

1964

Film The Beatles, A Hard Day's Night ditayangkan perdana di London.

1967

Perang Saudara Nigeria dimulai dengan penyerbuan Nigeria ke Biafra yang berusaha memisahkan diri dari negara tersebut.

2007

Komite Olimpiade Internasional menyetujui dibentuknya Olimpiade Remaja yang kemudian direncanakan diselenggarakan untuk pertama kalinya tahun 2010 di Singapura.

2010

Maestro lagu anak A.T Mahmud meninggal dunia. (*)

Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
:
Sumber
: Berbagai Sumber