Pendidikan
Beasiswa Banyuwangi Cerdas Bisa Daftar Online, Begini Caranya
13-06-2017 - 19:33 | Views: 35.32k
Bupati Banyuwangi tinjau pendaftaran beasiswa Banyuwangi Cerdas di SMAN 1 Giri Banyuwangi. (Foto: Ahmad Su
Bupati Banyuwangi tinjau pendaftaran beasiswa Banyuwangi Cerdas di SMAN 1 Giri Banyuwangi. (Foto: Ahmad Su'udi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Siswa SMA di Banyuwangi yang baru lulus tahun ini, bisa mendaftarkan diri mengikuti Beasiswa Banyuwangi Cerdas secara online.

Calon peserta penerima beasiswa bisa mengunjungi situs http://pendidikan.banyuwangikab.go.id/banyuwangicerdas/ dari rumah atau sekolah masing-masing, klik tombol menu Banyuwangi Cerdas dan memenuhi semua dokumen dan data yang diperlukan di sana. Dari semua pendaftar nantinya akan diseleksi hingga disurvey tempat tinggalnya untuk diambil 75 siswa peraih beasiswa tahun ini.

“Sebenarnya ini karena banyak yang tanya via media sosial bagaimana pendaftaran Banyuwangi Cerdas. Maka dengan pendaftaran online ini persyaratan dan pengajuan beasiswa bisa diakses langsung oleh masyarakat melalui website yang kita sediakan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau proses pendaftaran Banyuwangi Cerdas di SMAN 1 Giri Banyuwangi, Selasa (13/6/2017).

Anas mengatakan beasiswa ini untuk siswa miskin berprestasi untuk mengupayakan memberikan solusi kelanjutan pendidikan untuk anak-anak Banyuwangi yang berprestasi dan sangat miskin. Untuk pembiayaan kuliah dan uang saku Rp 600 ribu per bulan hingga selesai bagi 75 siswa ini nantinya, Pemkab telah menyiapkan dana Rp 15 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono mengatakan pendaftaran sistim onilne yang akan menjaring banyak pendaftar ini juga dilengkapi penyaringan otomatis. Artinya pendaftar mana yang paling berprestasi, yang paling miskin dan paling layak mendapat beasiswa akan muncul dengan sendirinya berdasarkan data-data yang diberikan masing-masing pendaftar.

“Setelah didapati 75 anak paling layak menerima beasiswa kita akan verifikasi dengan survey ke lapangan bersama LSM peduli pendidikan dan wali murid. Sistim pendaftaran online ini menjadikan seleksi menjadi jujur, obyektif, transparan, akuntable dan tidak ada diskriminasi,” kata Sulihtiyono.

Selama 5 tahun ini Program Beasiswa Banyuwangi Cerdas telah membiayai kuliah 300 anak Banyuwangi yang tersebar di Universitas Negeri jember (Unej), Politeknik Negeri Jember dan Universitas Terbuka (UT) Jember. Sulihtoyono mengatakan, pihaknya akan segera membuka juga Banyuwangi Cerdas ke Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga (Unair) Banyuwangi dan Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi). (*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Wahyu Nurdiyanto
Publisher
: