Peristiwa
Masalah Tambang Pasir, Bupati Anas Temui Kapolres Banyuwangi
09-06-2017 - 20:06 | Views: 17.26k
Bupati Anas dan Kapolres Agus di Mapolres Banyuwangi  (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)
Bupati Anas dan Kapolres Agus di Mapolres Banyuwangi (Foto: Ahmad Suudi/TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, berkunjung ke Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Banyuwangi untuk berkoordinasi terkait Galian C, khususnya penambangan pasir di beberapa daerah.

Sejumlah permasalahan Galian C memang tengah berlangsung di Banyuwangi, meliputi sulitnya perizinan, hingga dugaan pelanggaran dalam penanganan kasus Galian C ilegal.

Anas menjelaskan, datang ke Mapolres untuk menyampaikan suara para penambang pasir tanpa menghalangi hukum dan aturan-aturan formal yang harus terus berjalan.

Dikatakannya juga bahwa sejauh ini program pembangunan Pemkab Banyuwangi tetap terus berjalan dengan mengandalkan pasir dan material dari daerah lain.

“Tapi kan sayang pasir lokal kalau terus menggunakan pasir luar daerah saja. Maka kami berkoordinasi secara paralel, kami ke Pak Kapolres tanpa intervensi, Bagian Perizinan kami juga sedang ke Pemerintah Provinsi. Kami harap penambang juga segera berusaha memenuhi ketentuan perizinan agar berbagai permasalahan ini segera selesai,” kata Anas, Jumat (9/6/2017).

Sementara itu, Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto mengatakan hingga saat ini belum dikenakan toleransi terhadap operasional Galian C tak berizin. Pihaknya sedang membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk membangun jalan solusi.

“Perizinan Galian C itu di Pemerintah Provinsi. Sejauh ini di Banyuwangi belum ada penambang Galian C yang memiliki izin exploitasi, hanya ada yang izin eksplorasi. Kalau ada izin eksplorasi saja belum boleh digali, hanya bisa diperiksa misalnya ada pasirnya atau tidak,” kata AKBP Agus.(*)

Pewarta
: Ahmad Su'udi
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Sholihin Nur