Olahraga
Asian Games 2018
Kurang 17 Bulan, Pemerintah Indonesia Kebut Persiapan
20-02-2017 - 21:29 | Views: 32.06k
Rakor tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK untuk persoalan Asian Games 2018. (foto: kemenpora for TIMES Indonesia)
Rakor tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK untuk persoalan Asian Games 2018. (foto: kemenpora for TIMES Indonesia)

TIMESBANYUWANGI, JAKARTA – Pemerintah Indonesia makin mematangkan persiapan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018. Senin (20/2/2017) siang, pemerintah pusat melalui Kementerian PMK menggelar rakor tingkat menteri untuk mematangkan even olahraga internasional itu.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menko PMK Puan Maharani. Agenda rapat kali ini membahas Progres Report Persiapan Penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018.

Hadir dalam rapat itu antara lain Menpora Imam Nahrawi, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Anfasa Moeloek, Mandagri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Dirjen Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny Franky Sompie, dan Ketua Satlak Prima Ahmad Sucipto.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, rapat koordinasi tingkat menteri itu berkaitan dengan progres penyelenggaraan Asian Games.

"Penyelenggaraan Asian Games XVIII diperlukan berbagai kesiapan agar pelaksanaan berlangsung sukses penyelenggaran, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi. Pada rapat ini, semua menteri/lembaga menyatakan kesiapannya dan komitmennya untuk mensukseskan Asian Games XVIII," ujar Puan.

Ia pun berharap semua yang hadir dapat menyukseskan Asian Games XVIII yang difokuskan kepada pembangunan perkembangan infrastruktur yang menjadi tanggungjawab Kempupera, perkembangan persiapan atlet yang menjadi tanggungjawab Kemenpora dan Satlak Prima, serta perkembangan persiapan penyelenggaraan yang menjadi tanggungjawab KOI dan INASGOG," tambah Puan.

Menurut Puan, penyelenggaran Asian Games XVIII digelar di Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Sumsel, dan diperbantukan di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Benten.

“Waktu persiapan yang tinggal 17 bulan lagi membutuhkan perhatian kita semua untuk mengambil langkah-langkah yang efektif agar persiapan infrastruktur, persiapan atlet dan persiapan penyelenggaraan dapat berjalan dengan baik,’’ ucapnya.

Sementara, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa rapat tadi Ibu Menko PMK hanya mendengar paparan persiapan infrastruktur Stadion GBK, Stadion Jakabaring Palembang, dan Wisma atlet di Kemayoran dan semua progresnya sudah lebih baik. Berkaitan dengan persiapan prestasi targetnya adalah antara peringkat 8 atau 9.

"Tentunya semuanya harus dilalui proses yang begitu ketat dan panjang serta dinamis karena bisa jadi target emas di cabang olahraga tertentu ternyata bisa saja berubah karena sesuatu hal, dan itu juga menjadi pertimbangan kita," ujar Imam. (*)

Pewarta
: Hasanudin
Editor
: Khoirul Anwar
Publisher
: Ahmad Sukma
Sumber
: TIMES Indonesia