Peristiwa - Daerah
Awas! Ada 269 Lubang di Jalur Pantura Probolinggo
27-01-2017 - 17:07 | Views: 38.74k
Salah satu lubang jalan di jalur pantura Probolinggo yang jadi kubangan (foto: Istimewa)
Salah satu lubang jalan di jalur pantura Probolinggo yang jadi kubangan (foto: Istimewa)

TIMESBANYUWANGI, PROBOLINGGO – Ingin tahu jumlah lubang di sepanjang jalur pantura Probolinggo? Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo mencatat, ada 269 lubang dengan lebar masing-masing antara 0,3 sampai 2 meter, panjang antara 0,3 sampai 10 meter, dan dalam antara 0,2 sampai 10 centimeter.

Itu hanya jumlah lubang dari perbatasan Kabupaten dan Kota Probolinggo di Kecamatan Dringu, sampai Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan dengan panjang sekitar 18 kilometer. Angka itu merupakan hasil survey polisi sepanjang Jumat (27/1/2017).

"Rencananya kami survey dari Dringu sampai Paiton. Tapi belum bisa karena waktu tidak nututi," kata KBO Lantas Polres Probolinggo, Ipda Nyoman. Jalur pantura Dringu-Paiton berjarak sekitar 42 kilometer.

Menurut Nyoman, survey untuk menghitung jumlah lubang di jalan dan menghitung lebar, panjang dan kedalamannya, akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya. Selanjutnya, data tersebut akan dikoordinasikan dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN).

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat lubang di jalan. Sebab, lubang tersebut membahayakan pengguna jalan, terutama pengendara motor. Lebih-lebih di musim penghujan.

Sementara itu di kawasan Randupangger, Kota Probolinggo, lubang jalan di jalur pantura dilaporkan telah mengakibatkan dua kecelakaan lalu lintas tunggal. Pengendara motor terperosok dan terjatuh.

Insiden pertama terjadi sekitar pukul 08.30 WIB, menimpa seorang pegawai Pemkab Probolinggo. Sedangkan yang kedua, terjadi sekitar pukul 13.30, menimpa pelajar SMAN 2 Kota Probolinggo. Kedua korban mengalami luka ringan. (*)

Pewarta
: Muhammad Iqbal
Editor
: Yatimul Ainun
Publisher
: Sholihin Nur